DetikNews
Kamis 14 September 2017, 16:21 WIB

Jokowi: Gedung Perpustakaan Nasional RI Tertinggi di Dunia

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jokowi: Gedung Perpustakaan Nasional RI Tertinggi di Dunia Gedung Perpustakaan Nasional (Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom)
Jakarta - Presiden Jokowi meresmikan gedung Perpustakaan Nasional yang telah direnovasi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Dia bahkan menyebut perpustakaan ini tertinggi di dunia.

"Dulunya hanya tiga lantai nggak ada yang mau datang ke sini sekarang 27 lantai plus basement. Jadi nggak kaget kalau gedung Perpustakaan Nasional ini tertinggi di dunia, untuk gedung perpustakaan," kata Jokowi dalam sambutan pembukaan, Kamis (14/9/2017).

Jokowi juga menyebutkan bahwa ide pembangunan perpustakaan semegah ini sudah ada dari Presiden pertama RI Sukarno. Namun baru sekarang bangunan itu selesai direnovasi.

"Ini dikerjakan 2 tahun 6 bulan dan selesai dengan kondisi yang sangat baik," ujar Jokowi.

Biaya renovasi perpustakaan ini adalah Rp 465 miliar. Jokowi berharap bisa menumbuhkan minat baca masyarakat.

Omong-omong soal tinggi gedung, benarkah Perpustakaan Nasional Indonesia yang tertinggi di dunia?

Dikutip dari berbagai situs, ada sejumlah perpustakaan yang terbilang tinggi. Saat ini perpustakaan tertinggi kedua yang tercatat adalah W. E. B. Du Bois Library (Amerika Serikat), sementara di atasnya ada Shanghai Library Institute of Scientific and Technological Information of Shanghai (China).

W.E.B. Du Bois yang terletak di Massachusetts, AS, memiliki ketinggian 286 kaki 4 dan 1/8 inchi atau sekitar 88 meter. Sedangkan Shanghai Library Institute memiliki ketinggian 348 kaki atau 106 meter.

Bagaimana dengan Perpustakaan Nasional Indonesia? Tingginya tercatat 126,3 meter.

Adakah yang lebih tinggi lagi? Jika tidak, dengan demikian, gedung perpustakaan tertinggi di dunia ada di Indonesia!


(bpn/dnu)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed