DetikNews
Kamis 14 September 2017, 14:29 WIB

Ada Lowongan CPNS, Antrean di Loket SKCK Polres Jaksel Mengular

Aditya Mardiastuti - detikNews
Ada Lowongan CPNS,  Antrean di Loket SKCK Polres Jaksel Mengular Suasana antrean warga di Polres Jaksel untuk membuat SKCK (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Jakarta - Antrean warga mengular di loket pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Polres Metro Jakarta Selatan. Beberapa warga mengaku mengajukan permohonan untuk melengkapi pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Pantauan detikcom, semakin siang antrean di loket SKCK itu kian panjang. Beberapa di antaranya mengaku memang mengajukan SKCK untuk memenuhi syarat melamar CPNS.

"Buat ngelamar kerja, pengen daftar CPNS. Tadi dari pukul 08.30 ngantre, paling lama di sidik jari," kata Iftitah (21), di lokasi, Jl Wijaya II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (14/9/2017).

Iftitah mengaku sudah janjian datang bersama tiga temannya, Zulfi, Klara, dan Bella, untuk mengajukan SKCK. Keempatnya sama-sama baru lulus dari Jurusan Sosiologi Universitas Negeri Jakarta dan saat ini sedang menunggu wisuda.

Iftitah mengaku ingin melamar di Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai penyuluh narkoba. Dia juga merasa beruntung karena baru saja lulus dan kebetulan ada pembukaan CPNS.

"Baru lulus, Rabu (20/9) besok wisuda. Memang pas banget," katanya semringah.

Hal senada disampaikan Ambar Endah (21). Wanita lulusan Teknik Industri Universitas Brawijaya Malang itu mengaku tertarik pada lowongan di Kementerian Perindustrian.

"Iya, untuk pendaftaran CPNS kan salah satu syaratnya harus ada ijazah, SKCK, dan transkrip nilai," ujarnya.

Dia mengaku sudah antre sejak pukul 09.00 WIB. Dia menyebut proses pelayanan cukup cepat dan sekarang tinggal menunggu surat.

"Lumayan cepat sih, sekarang tinggal nunggu suratnya saja," katanya.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Metro Jaksel Kompol Purwanta membenarkan adanya peningkatan pengajuan SKCK selama pendaftaran CPNS. Dalam sepekan ini, ada ratusan warga yang mengajukan permohonan SKCK.

"Setiap harinya ada sekitar 150 permohonan SKCK. Itu campur antara PNS dan umum. Biasanya 50-an permohonan," ucap Purwanta.

Purwanta menjelaskan loket SKCK dibuka sejak pukul 08.00 hingga 14.30 WIB. Purwanta mengatakan biaya pembuatan SKCK sebesar Rp 10 ribu.

"Biaya standar saja, insyaallah tidak ada pungli," katanya.

Seperti diketahui, mulai 11 September 2017, masyarakat bisa mendaftar lowongan CPNS di 61 instansi, yang terdiri dari 60 kementerian/lembaga dan 1 pemerintah provinsi, yakni Kalimantan Utara.

Total, ada 17.928 lowongan CPNS yang dibuka kali ini. Sebanyak 17.428 lowongan untuk mengisi jabatan di kementerian/lembaga dan 500 lowongan untuk mengisi jabatan di Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.
(ams/jbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed