DetikNews
Kamis 14 September 2017, 14:23 WIB

Usai Sambangi PD-NasDem, KPK Safari ke PPP dan Perindo Besok Jumat

Faiq Hidayat - detikNews
Usai Sambangi PD-NasDem, KPK Safari ke PPP dan Perindo Besok Jumat Ilustrasi Gedung KPK (Foto: Nur Indah Fatmawati/detikcom)
Jakarta - KPK terus melakukan kunjungan safarinya ke beberapa partai politik (parpol) setelah bertemu Partai Demokrat dan Partai NasDem. Rencananya, KPK juga akan melakukan kunjungan ke PPP dan Perindo pada Jumat (15/9) besok.

"Direncanakan besok Jumat, 15 September 2017, tim akan mendatangi PPP (pukul 09.00 WIB) dan Perindo (pukul 14.00 WIB)," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (14/9/2017).

Kunjungan safari tersebut, kata Febri, untuk melanjutkan kajian yang dilakukan KPK pada tahun 2012, serta surat KPK ke Presiden Jokowi yang menyampaikan hasil kajian KPK terkait pendanaan, kode etik, rekrutmen dan kaderisasi partai politik.

"Peningkatan dukungan pendanaan parpol adalah salah satu poin yang menjadi concern KPK untuk melakukan pencegahan di sektor politik ini. Tentu juga perlu diikuti dengan pengelolaan yang akuntabel karena uang yang digunakan adalah keuangan negara," ujar Febri.

Febri menambahkan, saat ini KPK sudah melakukan kunjungan ke 6 partai politik yakni PDIP, Gerindra, PKB, Hanura, Demokrat, dan NasDem. Namun KPK belum menjadwalkan kunjungan ke Partai Golkar.

"Undangan ke semua partai sudah kami sampaikan. Tim sedang terus mengoordinasikan waktu pertemuannya," kata Febri.

Atas kunjungan itu, Febri mengapresiasi parpol yang mendukung program pencegahan korupsi. Selain itu, menurut Febri, peran parpol dibutuhkan dalam pencegahan korupsi di Indonesia.

"Karena baik KPK dan Parpol tentu berangkat dari kesadaran bersama bahwa peran partai dalam demokrasi adalah keniscayaan sehingga upaya untuk menjaga integritas dan akuntabilitas merupakan hal yang sangat penting," ucap Febri.
(fai/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed