DetikNews
Kamis 14 September 2017, 13:56 WIB

MA Harap 5 Hakim Agung yang Baru Benar-benar Berkualitas

Bisma Alief Laksana - detikNews
MA Harap 5 Hakim Agung yang Baru Benar-benar Berkualitas Gedung MA di Jalan Medan Merdeka Utara (ari/detikcom)
Jakarta - DPR menyetujui 5 orang hakim agung usulan Komisi Yudisial (KY). Mahkamah Agung (MA) menyambut baik adanya tambahan 5 orang hakim agung.

MA berharap mereka yang terpilih adalah orang-orang yang benar-benar memenuhi persyaratan dan berkualitas. Hal tersebut agar bisa membantu MA menjalankan tugas untuk memutuskan perkara.

"MA mengharapkan mereka orang terpilih yang memenuhi persyaratan dan benar-benar berkualitas. Agar mampu membantu MA menjalan tugas," ucap juru bicara MA Suhadi saat dihubungi detikcom, Kamis (14/9/2017).

Menurut Suhadi, sebenarnya tambahan 5 orang hakim agung masih kurang. Dengan penambahan 5 orang berarti jumlah hakim agung di MA berjumlah 49 orang. Sementara MA menargetkan memiliki 53 orang hakim agung.

"Kalau sesuai undang-undang, MA boleh memiliki 60 hakim agung. Sekarang di MA ada 44 hakim agung, dengan tambahan 5 berarti ada 49 hakim agung. Target kita paling tidak ada 53 hakim agung," papar Suhadi.

Untuk itu, lanjut Suhadi, MA masih butuh 2-3 orang hakim agung lagi untuk kamar pidana dan kamar perdata. Sementara untuk kamar agama, kamar tata usaha negara dan kamar militer mereka rasa sudah cukup.

"Kamar pidana sebetulnya masih perlu 2-3 orang lagi, begitu juga kamar perdata. Kamar agama cukup, tata usaha negara dan militer juga sudah cukup. Karena kan 83 persen perkara yg masuk ke MA adalah perkara umum. 11 persen tata usaha negara, 5 persen agama dan1 persen militer," tuturnya.

Terkait pengangkatan 5 orang hakim agung yang baru disetujui oleh DPR, Suhadi mengatakan bila MA menunggu Kepres pengangkatan mereka. Maksimal, 14 hari setelah DPR menyetujui, mereka akan dilantik.

"Pengangkatan kan dari DPR ke Presiden dulu. Setelah itu, 14 hari presiden mengeluarkan keputusan presiden. Lalu baru nanti dilantik oleh Ketua MA," tutupnya.

Berikut para calon hakim agung yang resmi diloloskan Komisi III:

1. Gazalba Saleh (Kamar Pidana)
2. Muhammad Yunus Wahab (Kamar Perdata)
3. Yasardin (Kamar Agama)
4. Yodi Martono Wahyunadi (Kamar Tata Usaha Negara)
5. Hidayat Manao (Kamar Militer)
(bis/asp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed