DetikNews
Rabu 13 September 2017, 19:38 WIB

Oknum Guru SD di Mataram Gelapkan Tabungan Murid

Mei Amelia R - detikNews
Oknum Guru SD di Mataram Gelapkan Tabungan Murid Kapolsek Cakranegara Kompol Haris Dinzah (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Seorang guru sebuah sekolah dasar negeri di Kelurahan Mandalika, Cakranegara, Mataram, harus berurusan dengan polisi setelah menggelapkan tabungan murid. Guru perempuan berinisial JHD (42) ini diduga menilap tabungan murid-murid senilai total Rp 86 juta.

"Pelaku mempergunakan tabungan murid-muridnya untuk keperluan pribadi, biaya sekolah anaknya, hingga merenovasi rumah dan dipinjamkan kepada beberapa temannya," jelas Kapolsek Cakranegara Kompol Haris Dinzah kepada detikcom, Rabu (13/9/2017).

Kasus terungkap setelah Polsek Cakranegara menerima laporan dari orang tua siswa. Sejumlah orang tua siswa mengadukan JHD ke polisi lantaran uang tabungan anak-anaknya raib begitu akan dicairkan.

"Murid-murid ini kan menabung untuk membeli perlengkapan sekolah. Tetapi, begitu mau diambil saat kenaikan kelas, uangnya tidak ada," lanjutnya.

JHD adalah guru sekaligus wali kelas V SD. Total ada 77 murid yang uang tabungannya dititipkan kepada pelaku.

"Dia juga sebagai bendahara sekolah dan dana tabungan yang digelapkan adalah dana tabungan kelas I dan kelas V SD," terangnya.

JHD ditangkap pada Senin (11/9) sekitar pukul 14.00 Wita. Darinya, polisi menyita barang bukti 77 buah buku tabungan dan 2 buku rekap.

"Kita masih melakukan pengembangan dan penyelidikan lebih lanjut. Kalau ada indikasi keterlibatan oknum-oknum yang lain ikut serta atau ikut menikmati dana tersebut, kita akan proses sesuai hukum yang berlaku," tuturnya.
(mei/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed