DetikNews
Rabu 13 September 2017, 18:39 WIB

Jokowi: Perpres Pendidikan Karakter Jadi Benteng Generasi Muda

Ray Jordan - detikNews
Jokowi: Perpres Pendidikan Karakter Jadi Benteng Generasi Muda Presiden Jokowi (Foto: dok. Biro Setpres)
Jakarta - Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden Penguatan Pendidikan Karakter. Perpres tersebut jadi pekerjaan besar bagi pemerintah dan pondok pesantren.

"Insyaallah ini menjadi pekerjaan besar kita semuanya, baik itu pekerjaan besar bagi ulama maupun pekerjaan besar untuk pemerintah, umara," kata Jokowi saat bertemu dengan para ulama dan pimpinan pondok pesantren di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017).

Jokowi berharap Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tersebut mampu memberikan dasar yang kuat bagi generasi muda agar terbentengi dari intervensi budaya luar.

"Yang diharapkan ini bisa memberikan sebuah dasar dan fondasi bagi masyarakat kita bagi santri-santri kita, bagi anak-anak didik kita, membentengi mereka dari intervensi budaya-budaya luar, budaya-budaya yang kita khawatirkan bersama bisa menggerus budaya-budaya baik yang kita punyai, baik yang berkaitan dengan kesopanan, kesantunan, integritas, kejujuran, hormat kepada ulama, para kiai, para ustaz, para gurunya," katanya.

Jokowi menilai karakter asli Indonesia seperti itulah yang ingin dikuatkan melalui perpres tersebut. Dengan perpres itu, diharapkan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota mempunyai payung hukum yang jelas untuk memberikan bantuan dari APBN ataupun APBD pada proses-proses penguatan pendidikan karakter.

"Baik di sekolah, madrasah, di pesantren, karena payung hukumnya sudah ada," kata Jokowi.
(jor/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed