DetikNews
Rabu 13 September 2017, 15:42 WIB

4 Pesawat Bawa Bantuan untuk Rohingya Transit di Aceh

Agus Setyadi - detikNews
4 Pesawat Bawa Bantuan untuk Rohingya Transit di Aceh Pesawat Hercules membawa bantuan untuk Rohingya (Agus Setyadi/detikcom)
FOKUS BERITA: Krisis Rohingya
Banda Aceh - Empat pesawat Hercules TNI Angkatan Udara yang membawa bantuan untuk pengungsi Rohingya mendarat di Lanud Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh. Nantinya, mereka akan terbang ke Bangladesh.

Berdasarkan pantauan detikcom, pesawat Hercules pertama mendarat sekitar pukul 13.35 WIB, Rabu (13/9/2017). Pesawat dengan nomor lambung A-1316 itu kemudian parkir di ujung landasan, tak jauh dari hanggar Lanud Sultan Iskandar Muda. Kru pesawat satu per satu kemudian turun.

Dua unit mobil avtur mendekat. Tak lama berselang, awak pesawat meninggalkan pesawat berwarna putih abu-abu tersebut. Berselang 20 menit kemudian, pesawat kedua dengan nomor lambung A-1335 mendarat.

Dari luar, tampak barang yang tersusun rapi di dekat pintu samping belakang. Mobil avtur kemudian mendekat untuk mengisi bahan bakar. Sejumlah prajurit TNI AU turun dan membawa barang masing-masing, seperti tas.

Pesawat ketiga dengan nomor A-1319 kemudian turun berselang dua menit. Sedangkan pesawat terakhir dengan nomor A-1326 mendarat sekitar pukul 14.40 WIB. Ketika menyentuh landasan, pintu samping belakang pesawat terbuka dan seorang personel TNI berdiri.

Hanya satu pesawat yang masih terlihat mengisi bahan bakar. Sedangkan pesawat lainnya masih parkir. Kru pesawat tak lama kemudian meninggalkan pesawat dan menuju sebuah ruangan di Lanud.

Seperti diketahui, pesawat yang membawa bantuan untuk pengungsi Rohingya ini dilepas oleh Presiden Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Rencananya, pesawat ini akan menginap di Aceh dan esoknya terbang ke Chittagong, Bangladesh.

Sebelumnya, di Lanud Halim, pesawat ini dilepas Presiden Jokowi. Dia berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang memberikan bantuan untuk Rohingya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik masyarakat, ormas, pemda, pengusaha yang bersama-sama nantinya kirimkan bantuan untuk saudara kita kepada pengungsi di Rakhine State, baik di Myanmar maupun Bangladesh," kata Jokowi saat melepas penerbangan bantuan tersebut di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.
(fay/fjp)
FOKUS BERITA: Krisis Rohingya
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed