DetikNews
Rabu 13 September 2017, 14:39 WIB

Halimah Yacob, Presiden Singapura yang Pintar Masak Sayur Lodeh

Erwin Dariyanto - detikNews
Halimah Yacob, Presiden Singapura yang Pintar Masak Sayur Lodeh Halimah Yacob dan suami. (Foto: Reuters)
Jakarta - Halimah Yacob, politikus Partai Aksi Rakyat (People's Action Party/PAP) yang hari ini dilantik sebagai Presiden Singapura rupanya tak hanya mahir berpolitik. Perempuan kelahiran Queen Street Singapura, 23 Agustus 1954 lalu itu juga piawai memasak.

Baca juga: Penjual Nasi Padang itu Kini Jadi Presiden Singapura

Pada Minggu, 12 Maret 2017 lalu Halimah meluncurkan buku 30 resep makanan dari para koki. Halimah turut menulis satu resep makanan di buku tersebut yakni, cara membuat sayur lodeh.

Halimah yang sebelumnya adalah Ketua DPR Singapura itu memang kerap mempopulerkan sayur lodeh. Dikutip dari laman Straits Times edisi 16 Oktober 2016, saat berbicara di depan anggota parlemen Halimah juga bicara tentang resep sayur lodeh.



Sayur lodeh, kata dia, biasanya dimasak dengan santan kelapa. Oleh Halimah, santan kelapa itu bisa diganti susu krim, susu kacang kedelai atau air kelapa agar lebih rendah lemak.

Menurut Halimah Yacob, banyak orang yang menilai bahwa sayur lodeh dengan bumbu santan dan susu krim itu berbeda. Namun tak ada salahnya untuk dicoba. "Orang bilang itu tidak sama. Tapi mereka harus mencoba," kata Halimah. "Mungkin tidak sempurna seperti (dengan) santan, tapi 90 persen," tambah dia.

Lulusan Fakultas Hukum dari University of Singapore ini berharap generasi tua di Singapura mulai peduli menjaga kesehatan mulai dari bagaimana makanan disiapkan dari rumah. "Ini berdampak pada seberapa sehat dan bergizi makanan kita untuk diri kita dan anggota keluarga kita," katanya

Kepandaian Halimah Yacob memasak menurun dari sang Ibu yang pernah jualan nasi padang. Bersama sang ibu, Halimah kerap memasak khususnya saat hari raya. Ia mengaku di hari raya Idul Fitri selalu masak lontong. "Saya masuk lontong untuk sarapan pagi setiap hari raya," kata dia. "Saya akan membuatnya (Lontong) tahun ini, setiap tahun saya akan memasaknya (lontong)," tambah Halimah.

Sayur lodeh, lontong dan nasi padang menjadi hal yang tak asing bagi Halimah. Sejak usia delapan tahun setelah ayahnya wafat, Halimah selalu bangun jam 4 pagi untuk membantu sang ibu jualan nasi padang.

Tak jarang dia membolos atau tertidur di sekolah karena kecapekan akibat membantu jualan nasi padang. Hari ini, Halimah yang pernah jualan nasi padang, pandai masak sayur lodeh dan lontong itu dilantik menjadi Presiden Singapura.

(erd/jat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed