DetikNews
Rabu 13 September 2017, 11:08 WIB

Dear Pengungsi Rohingya, Bantuan dari RI akan Sampai Jumat

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Dear Pengungsi Rohingya, Bantuan dari RI akan Sampai Jumat Bantuan untuk pengungsi Rohingya. (Hasan Alhabshy/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas keberangkatan pengiriman bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya di perbatasan Myanmar-Bangladesh. Bantuan itu akan sampai ke Bangladesh pada Jumat, 15 September 2017.

"Ini Rabu, Kamis mungkin sudah sampai. Ini jalan sambil diurus semua, termasuk clearance, sudah kami urus semuanya. Jadi mudah-mudahan Kamis, paling lambat Jumat pagi, bantuan ini akan tiba di Bangladesh," kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi di Pangkalan TNI AU, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (13/9/2017).



"Sekali lagi, ini situasi tidak normal, jadi kalau teman-teman perkirakan tepatnya kapan, itu semua tergantung situasi lapangan. Kami berusaha agar bantuan sampai tujuan secepat mungkin," sambungnya.

Penyaluran bantuan ini juga telah dikoordinasikan dengan pemerintah Myanmar dan Presiden ICRC. Menurut Retno, jumlah pengungsi sangat banyak, diperkirakan mencapai 500 ribu orang. "Yang baru pun jumlahnya sudah ratusan ribu. Jadi Indonesia berkontribusi semaksimal mungkin," terangnya.

Proses penyaluran bantuan ini juga akan dikawal pemerintah Myanmar dan organisasi-organisasi kemanusiaan yang ada di sana. "Tentunya kami dalam penyaluran bantuan lakukan kerja sama yang sangat dekat dengan pemerintah Myanmar, baik pusat maupun daerahnya, plus organisasi kemanusiaan yang ada di lapangan," ujar Menlu.
(aan/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed