DetikNews
Selasa 12 September 2017, 20:42 WIB

Tanggapi Jaksa Agung, KPK Minta Fungsi Penuntutan Tak Dipisah

Andhika Prasetia - detikNews
Tanggapi Jaksa Agung, KPK Minta Fungsi Penuntutan Tak Dipisah Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta - Jaksa Agung M Prasetyo mempersoalkan kewenangan penuntutan KPK. Ketua KPK Agus Rahardjo menilai usul tersebut dapat mengurangi kewenangan KPK.

"Kalau kita lihat performance, KPK kalau satu tempat lebih efektif. Jadi, kalau ada usulan seperti itu, sedikit-banyak mengurangi kewenangan KPK," ujar Agus di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9/2017).


Agus meminta usulan tersebut dikaji ulang. Ia menyarankan peningkatan koordinasi antara KPK, Polri, dan Kejaksaan Agung.

"Walaupun contoh Singapura dan Malaysia penuntutan terpisah, tapi ada juga yang satu tempat. Jadi tolong dikaji lebih mendalam, dipertimbangkan lagi efektivitas ke depan. Yang penting koordinasi lebih baik antara KPK dan polisi, jaksa," imbuhnya.

Sebelumnya, usulan tersebut dilontarkan Prasetyo saat rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR, Senin (11/9). Sementara itu, pihak Istana menegaskan Presiden Joko Widodo tidak ingin kewenangan KPK dikurangi.

"Sekali lagi, dalam hal ini Presiden tidak ada keinginan sama sekali untuk mengurangi kewenangan KPK. Nggak usah ditafsirkan macam-macam," kata Seskab Pramono Anung di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (12/9).
(dkp/nkn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed