DetikNews
Selasa 12 September 2017, 13:26 WIB

Menengok Kuda Chester di Rumah Baru yang Bebas Lelah dan Cambukan

Akhmad Mustaqim - detikNews
Menengok Kuda Chester di Rumah Baru yang Bebas Lelah dan Cambukan Kuda Chester di rumah baru (Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom)
Depok - Kuda Chester, yang pernah dicambuk meski kelelahan, kini sudah tinggal di rumah baru. Bagaimana kondisinya setelah menikmati hamparan rumput luas dan tidak lagi terikat delman?

detikcom menengok Chester di Arthayasa Stables, Jalan Bulak Tengki, Depok, Selasa (12/9/2017). Dia ditempatkan di lokasi karantina yang terdiri dari satu kandang berukuran 4 x 4 meter beralas serbuk gergaji dan halaman untuk merumput.



Tempat karantina itu biasanya digunakan sebagai tempat transit kuda-kuda baru yang datang ke Arthayasa Stables. Di sana kuda-kuda tersebut ditaruh selama beberapa sebelum disatukan dengan 70 kuda lainnya.

Kuda Chester sedang merumput / Kuda Chester sedang merumput / Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom


Saat dikunjungi, Chester sedang makan rumput dengan lahap. Sesekali dia bercanda dengan dua dokter hewan yang merawatnya yaitu drh Rizqi Putratama dan drh Gilang Ajiwiratama. Kedua dokter ini mengusap kaki belakang Chester dan kuda ini kegelian.

"Ini kelihatannya gara-gara geli diusap kaki belakangnya. Sudah punya energi lebih dia," ujar drh Gilang seraya menggoda Chester.

Kuda Chester kini dirawat dokter hewan / Kuda Chester kini dirawat dokter hewan / Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom



drh Rizqi menyebut kondisi Chester saat ini jauh lebih baik dibandingkan saat awal kedatangannya. Chester kini bersemangat dan punya tenaga lebih.

"Kita tahu cerita awalnya seperti ini (jatuh saat menarik delman). Diagnosa awal kami dia karena kelelahan dan stress full, sekarang Chester kelihatan sudah jauh lebih nyaman," kata drh Rizqi.

Rizqi mengatakan tidak ada treatment khusus untuk merawat Chester. Dia hanya mengembalikan sifat alamiah Chester sebagai Poni. Chester sendiri masih tergolong sebagai Poni, karena ukurannya lebih kecil dari kuda.

"Kita treatment, dikondisikan kalau luka diobati lukanya. Kita pulihkan mentalnya dengan ditaruh di Paddock (ladang rumput) karena kuda baru jadi kita karantina, intinya kita kembalikan sifat alaminya," kata Rizqi.

[Gambas:Video 20detik]

Rumah baru kuda Chester / Rumah baru kuda Chester / Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom


Kisah Chester viral setelah dia ambruk saat sedang menarik delman. Bukannya kasihan, seorang pria tiba-tiba datang dan mencambuk Chester berkali-kali. Saking lelahnya Chester hanya bisa menerima cambukan itu.

Jakarta Animal Aid Network (JAAN) kemudian melacak lokasi kuda dan kusir di Depok, Jawa Barat dan berhasil menemuinya lalu membawanya ke tempat karantina kuda Arthayasa Stable.


(imk/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed