DetikNews
Selasa 12 September 2017, 13:01 WIB

Menlu akan Temui Dubes Myanmar Bahas Isu Rohingya

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Menlu akan Temui Dubes Myanmar Bahas Isu Rohingya Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi (Bagus Prihantoro/detikcom)
FOKUS BERITA: Krisis Rohingya
Jakarta - Dubes Myanmar untuk Indonesia Ei Ei Khin Aye baru saja memberikan surat kepercayaan (kredensial) kepada Presiden Jokowi. Setelah itu, Menlu Retno Marsudi langsung akan menggelar pertemuan dengan Khin Aye.

"Saya juga akan melanjutkan pembahasan mengenai masalah perkembangan atau progres dari situasi di Rakhine State," ujar Retno di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2017).

Pertemuan itu akan berlangsung sekitar pukul 14.00 WIB. Sebelumnya, tadi pagi pun Retno sudah berkomunikasi dengan Menlu Myanmar dan Menlu Bangladesh.

"Jadi secara konstan saya terus melakukan komunikasi paling tidak kepada Myanmar dan Bangladesh dan juga pihak-pihak terkait, baru saja ini saya melakukan juga kontak kembali dengan Presiden ICRC," kata Retno.



Isu tentang etnis Rohingya di Rakhine State, Myanmar, telah menjadi perhatian dunia. Banyak pengungsi yang berasal dari etnis Rohingya menuju Bangladesh.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga telah berbincang dengan Dubes Myanmar setelah penyerahan kredensial. Perbincangan berlangsung selama hampir 6 menit di beranda Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

"Antara lain memastikan mengenai masalah bantuan kemanusiaan yang akan diberikan kepada semua orang, tanpa terkecuali, tanpa memandang latar belakang agama dan juga etnik, dan Presiden juga menyampaikan sekali lagi mengenai concern terhadap krisis kemanusiaan yang terjadi di Myanmar dan mengharapkan stabilitas dan keamanan dan segera dipulihkan," tutur Retno tentang pembicaraan antara Jokowi dan Dubes Myanmar.
(bpn/rvk)
FOKUS BERITA: Krisis Rohingya
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed