DetikNews
Selasa 12 September 2017, 11:34 WIB

Ketua MPR: RS Mitra Keluarga Layak Ditutup

Hary Lukita Wardani - detikNews
Ketua MPR: RS Mitra Keluarga Layak Ditutup Foto: Samsdhuha Wildansyah/detikcom
FOKUS BERITA: Kisah Pilu Bayi Debora
Jakarta - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan geram terhadap RS Mitra Keluarga Kalideres terkait kematian bayi Debora karena diduga terlambat mendapat penanganan akibat dana yang kurang. Dia mengatakan rumah sakit tersebut layak ditutup.

"Saya kira ini rumah sakit yang nggak punya nilai-nilai, masih ada sanksi yang keras dari otoritas yang memiliki, bila perlu tutup," ujar Zulkifli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Dia mengatakan RS Mitra Keluarga layak ditutup. Menurut Zulkifli, kelalaian yang dilakukan rumah sakit itu sudah menyebabkan kematian seseorang dengan alasan biaya.


"Layak (ditutup). Kemanusiaan, orang mati satu itu sama dengan membunuh seluruh kemanusiaan," kata Ketum PAN tersebut.

Zulkifli mengaku marah dan tersinggung atas sikap rumah sakit yang lalai terhadap pasien karena dana yang kurang. Menurutnya, perilaku tersebut sangat jauh dari nilai luhur Pancasila.

"Saya tersinggung dan marah betul ada rumah sakit tidak menerima pasien karena nggak bawa uang sampai Debora itu meninggal. Tentu sungguh itu jauh dari nilai-nilai luhur Indonesia kita yang punya Pancasila," kata Zulkifli.


"Negara menjamin, melindungi segenap tumpah darah Indonesia, itu sumpah kita berbangsa dan bernegara," imbuhnya.

Zulkifli pun menegaskan rumah sakit itu dibuat untuk menolong manusia, sesuai juga dengan sumpah dokter. Jika prioritasnya uang, ia mengatakan lebih baik jangan menjadi rumah sakit.

"Eeehhh, RS itu tidak hanya mencari uang, kalau hanya mencari uang jangan jadi rumah sakit dong, dokter kan ada sumpahnya, gitu," tutur Zulkifli.
(lkw/elz)
FOKUS BERITA: Kisah Pilu Bayi Debora
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed