DetikNews
Selasa 12 September 2017, 09:16 WIB

Pengamanan PN Jaksel Diperketat Jelang Praperadilan Novanto

Aditya Mardiastuti - detikNews
Pengamanan PN Jaksel Diperketat Jelang Praperadilan Novanto Apel polisi untuk pengamanan praperadilan Setya Novanto (Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom)
Jakarta -
Sidang praperadilan yang diajukan Setya Novanto digelar hari ini di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). Pengamanan pun diperketat.

Pantauan di PN Jaksel, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Selasa (12/9/2017), sejak pukul 07.45 WIB, sejumlah petugas kepolisian sudah berjaga di lokasi. Pintu masuk ke kompleks PN Jaksel pun dijaga petugas pengadilan dan sekuriti.

Pengamanan PN Jaksel Diperketat Jelang Praperadilan NovantoAkses masuk ke dalam pengadilan dibatasi (Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom)


Pintu masuk PN Jaksel itu hanya dibuka untuk akses pejalan kaki. Tak semua kendaraan dibolehkan masuk.

Humas PN Jaksel menyebut pengamanan ini sebagai langkah antisipasi. Pasalnya kasus praperadilan Novanto menjadi atensi publik.




"Artinya pengadilan dalam rangka mengantisipasi karena menarik perhatian masyarakat berkoordinasi saja. Di pihak keamanan dalam hal ini kepolisian untuk membantu kenyamanan adan keamanan aparat pengadilan yang menyidangkan," kata Made ketika ditemui di kantornya.

Pihaknya pun menyerahkan pengamanan kepada aparat kepolisian. Selama sidang praperadilan digelar, sidang lain tetap akan berjalan seperti biasa.

Pengamanan PN Jaksel Diperketat Jelang Praperadilan NovantoHumas PN Jaksel Made Sutrisna (Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom)


"Tinggal kepolisian kan punya SOP untuk pengamanan kita serahkan ke mereka. Jumlah personel kami tidak diinformasikan," katanya.

"Ruangan lain tetap akan ada sidang," imbuh Made.

Untuk diketahui, Novanto ditetapkan sebagai tersangka sejak Senin (17/7). Novanto dijerat KPK terkait kapasitasnya sebagai Ketua Komisi II DPR periode 2009-2014.

Pengamanan PN Jaksel Diperketat Jelang Praperadilan NovantoApel pengamanan di PN Jaksel (Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom)


Dia diduga memiliki peran dalam setiap proses pengadaan e-KTP, mulai perencanaan, pembahasan anggaran, hingga pengadaan barang dan jasa, melalui tersangka lainnya, Andi Narogong.

Sidang perdana praperadilan Novanto dijadwalkan akan dimulai pada Selasa (12/9). Praperadilan Novanto didaftarkan dengan nomor register 97/Pid.Prap/2017/PN Jak.Sel. Sidang praperadilan ini akan dipimpin hakim Cepi Iskandar.
(ams/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed