DetikNews
Selasa 12 September 2017, 08:00 WIB

Happy Ending! Begini Kabar Kuda yang Pernah Dicambuk Meski Lelah

Indah Mutiara Kami - detikNews
Happy Ending! Begini Kabar Kuda yang Pernah Dicambuk Meski Lelah Foto: Dok. JAAN
Jakarta - Masih ingat dengan video kuda dicambuk meski kelelahan yang viral di media sosial? Kuda itu akhirnya bisa menikmati happy ending.

Dua pekan lalu, video berdurasi sekitar 1 menit itu memperlihatkan seekor kuda yang menarik delman di jalan yang sempit. Dia terkapar di jalan karena kelelahan. Meski demikian, seorang pria tetap menarik tali dan mencambuk kuda tersebut berkali-kali. Pria lain yang tidak terlihat di kamera memperingatkan bahwa kuda itu sudah lelah.

Peringatan tersebut tak dihiraukan. Ada pula yang ingin memberi minum kuda itu namun dilarang. Sekelompok pria lain lalu tetap menarik si kuda hingga berdiri.

Jakarta Animal Aid Network (JAAN) kemudian melacak lokasi kuda dan kusir di Depok, Jawa Barat dan berhasil menemuinya. Ketua JAAN, Benfica mengatakan pihaknya memiliki jaringan di di kalangan kusir.

"Saat kita lihat kejadian itu, kita sudah tahu di mana. Beberapa kusir andong di Depok juga kita kenal. Lalu tim kita datang ke sana," kata Benfica saat berbincang, Senin (11/9/2017) malam.

Kusir sempat menyebut kuda itu bukan jatuh karena kelelahan, melainkan tersandung. Benfica mengatakan ada banyak penyebab kuda itu bisa jatuh seperti di video, namun dia meyakini bahwa kuda itu memang lelah.

"Bisa juga lelah, bisa juga posisi sepatu kuda berpengaruh ke kesejahteraan kuda andong," ucapnya.

Kuda yang sudah berumur itu akhirnya dijemput JAAN dan dibawa ke dokter hewan. Dia lalu mendapat rumah baru yang masih di Depok juga yaitu di Arthayasa Stables.

Kuda itu dibawa ke Arthayasa Stables pada Kamis (7/9) pekan lalu. Dia mendapat nama baru hingga tempat tinggal baru yang luas dan penuh rumput.

Happy ending, ya!
(imk/jor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed