Jawab Tantangan Jokowi, Unpad Siapkan Prodi 'Kekinian'

Mochamad Solehudin - detikNews
Senin, 11 Sep 2017 19:54 WIB
Presiden Jokowi di lapangan Brigif, Cimahi. (Wisma Putra/detikcom)
Bandung - Presiden Joko Widodo mendorong Universitas Padjadjaran (Unpad) berinovasi menyesuaikan kebutuhan zaman. Salah satunya membentuk program studi (prodi) baru yang 'kekinian'.

Menanggapi hal itu, Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad menyadari, untuk menghadapi perkembangan zaman dunia pendidikan, khususnya universitas, memang perlu melakukan inovasi. Caranya dengan membuka program studi anyar.



"Memang, menghadapi tantangan, harus ada inovasi. (Kita) nggak bisa berbicara prodi-prodi yang seperti dulu lagi," kata Tri saat ditemui setelah menghadiri puncak perayaan dies natalis ke-60 Unpad di gedung Graha Sanusi, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Senin (11/9/2017).



Ia menyebut Unpad sudah memiliki prodi anyar. Meski begitu, pihaknya tetap akan melakukan pengembangan ilmu pengetahuan.

"Unpad sudah membuka prodi yang tidak konvensional. Misalnya ada (prodi) pembangunan berkelanjutan. Itu sudah kita buka," ujarnya.

Selain itu, sambung dia, Unpad tengah menggodok prodi ekonomi digital dan tentang media. Rencananya kedua prodi ini diluncurkan pada tahun akademik baru.

"Sekarang masih kita godok," ujar Tri. (rvk/rvk)