DetikNews
Senin 11 September 2017, 13:06 WIB

Dinkes DKI: RS Mitra Keluarga Tak Tahu Bayi Debora Peserta BPJS

Cici Marlina Rahayu - detikNews
Dinkes DKI: RS Mitra Keluarga Tak Tahu Bayi Debora Peserta BPJS Dinkes DKI dan RS Mitra Keluarga menggelar jumpa pers soal bayi Debora. (Cici/detikcom)
FOKUS BERITA: Kisah Pilu Bayi Debora
Jakarta - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto mengatakan ada miskomunikasi antara staf bagian informasi Rumah Sakit (RS) Mitra Keluarga Kalideres dan keluarga bayi Debora. Menurutnya, RS tidak bertanya apakah pasien mempunyai BPJS atau tidak.

"Ada syarat untuk masuk ke ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU). Awalnya rumah sakit tidak tahu pasien peserta BPJS. Baru diketahui sekitar jam 06.00 WIB," kata Koesmedi di kantor Dinas kesehatan DKI, Jalan Kesehatan Nomor 10, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (11/9/2017).


Sebelumnya diketahui, ayah dan ibu Debora membawa anak mereka ke RS sekitar pukul 03.30 WIB, Minggu (3/9), saat Debora mengalami panas tinggi. Selanjutnya keluarga pasien mengurus biaya administrasi untuk masuk ke PICU dan diharuskan membayar 50 persen. Dalam hal ini, keluarga pasien tidak ditanya pembiayaan akan dibayar oleh siapa.

"Waktu itu sebelumnya pasien mengurus biaya administrasi masuk ke PICU, diberikan informasi itu ke keluarga pasien. Keluarga pasien bilang punya Rp 5 juta. Tapi masuk PICU paling tidak harus 50 persen yang diberikan ke rumah sakit," jelasnya.


"Ini kesalahan dari awal, seharusnya pasien ditanya pembiayaan dibayar oleh siapa, dan ternyata pasien punya BPJS," sambungnya.

Menurutnya, pendanaan pasien yang dirawat di unit gawat darurat hingga dalam kondisi stabil ditagihkan ke BPJS.


Dinas Kesehatan berencana meminta keterangan dari pihak keluarga Debora untuk mengkonfirmasi kondisi tersebut.

"Selama ini RS sudah benar menjalankan seperti itu, ini salah informasi. Ini dari keterangan yang kita terima, habis ini kita tanya ke keluarga apakah benar kondisi seperti itu. Namun kan sudah ditangani di resusitasi yang peralatannya sama dengan di ruang PICU," ucapnya.
(cim/jbr)
FOKUS BERITA: Kisah Pilu Bayi Debora
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed