DetikNews
Senin 11 September 2017, 12:39 WIB

Jokowi: Harusnya Unpad Punya Fakultas Medsos Jurusan Meme

Danu Damarjati - detikNews
Jokowi: Harusnya Unpad Punya Fakultas Medsos Jurusan Meme Dies Natalis Unpad/ Foto: Danu Damarjati/detikcom
Bandung - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong Universitas Padjadjaran (Unpad) berinovasi menyesuaikan kebutuhan zaman. Sambil setengah berkelakar, dia mengusulkan ke Unpad untuk membentuk fakultas media sosial.

"Harusnya Unpad ini punya fakultas media sosial, jurusannya meme, kenapa tidak? Jurusannya animasi, kenapa tidak? Karena ini yang ke depan akan kita hadapi," kata Jokowi dalam orasi Dies Natalis ke-60 Unpad di Grha Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjadjaran, Jl Dipati Ukur, Nomor 35, Bandung, Senin (11/9/2017).

Seisi ruangan, seribuan orang, tertawa sejenak. Jokowi sedang mendorong Unpad untuk menyiapkan segala sesuatunya di era yang semakin maju.

Perubahan dunia sangat cepat. Misalnya, orang rasa-rasanya baru belajar internet belum lama, tapi kemudian sudah muncul mobile internet. Mobile internet baru sebentar, disusul kemunculan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Soal pembayaran, Paypal belum masuk Indonesia namun perkembangan sudah kian cepat saja. Kini beli makanan, contohnya sate atau gado-gado, tidak perlu datang ke toko, cukup beli lewat aplikasi jasa ojek daring. Belum lagi media sosial yang mengalirkan informasi dengan cepat.

"Ini akan mengubah lanskap politik global. lanskap politik global berubah, lanskap politik nasional juga berubah, lanskap politik daerah juga berubah. lanskap ekonomi juga berubah," kata Jokowi.

"Universitas harus mengantisipasi perubahan-perubahan itu. Dunia berkembang sangat cepat, inovasi bukan hanya membawa perubahan yang fundamental. Sekarang kita sedang berada pada tahap transisi. Bukan hanya di kota besar, tapi juga di pelosok desa," kata Jokowi.
(dnu/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed