Mengenal Binsar, Hakim yang Usulkan Tes Keperawanan Sebelum Nikah

Andi Saputra - detikNews
Minggu, 10 Sep 2017 14:19 WIB
Binsar Gultom (ari/detikcom)
Jakarta - Hakim Binsar Gultom mengusulkan tes keperawanan sebelum menikah dengan tujuan agar meminimalisir angka perceraian. Nama Binsar sempat wira-wiri menghiasi media massa saat mengadili Jessica Kumala Wongso. Siapa Binsar?

Binsar mulai meniti karier sebagai PNS di Mahkamah Agung (MA) pada 1984 hingga 1993. Pria kelahiran Sibolga, 56 tahun lalu itu mulai memegang palu hakim di Pengadilan Negeri (PN) Manatuto, Timor Timur pada 1996.
Mengenal Binsar, Hakim yang Usulkan Tes Keperawanan Sebelum Nikah

Dua tahun setelahnya, Binsar kembali ke Jawa dengan tugas di PN Purwakarta. Setelah itu, ia malang melintang di PN Bogor, PN Medan, Simalungun, PN Bengkulu, PN Palembang dan PN Jakarta Pusat.

Di PN Jakarta Pusat, wajah Binsar bolak-balik menghiasi media massa karena sangat atraktif mengadili kasus pembunuhan Jessica. Binsar pula yang meminta meja cafe TKP kematian Wayan Mirna Salihin dihadirkan ke ruang sidang. Tidak berapa lama setelah memvonis Jessica, nama Binsar akhirnya dipromosikan menjadi hakim tinggi pada Pengadilan Tinggi (PT) Bangka Belitung.

"Untuk itu, harus ada tes keperawanan. Jika ternyata sudah tidak perawan lagi, maka perlu tindakan preventif dan represif dari pemerintah. Barangkalai, pernikahan bisa ditunda dulu. Mengapa harus demikian? Karena salah satu yang membuat terjadinya perpecahan dalam rumah tangga karena perkawinan dilakukan dalam keadaan terpaksa, sudah hamil terlebih dahulu," ujar Binsar yang tertuang dalam buku Binsar yang berjudul 'Pandangan Kritis Seorang Hakim' yang dikutip detikcom, Minggu (10/9/2017).
Mengenal Binsar, Hakim yang Usulkan Tes Keperawanan Sebelum Nikah

Soal pendidikan, Binsar sudah purna yaitu menyelesaikan strata tiga dari Universitas Sumatera utara (USU) dan meraih gelar doktor pada 2010 silam. Tidak hanya memiliki pengetahuan dalam bidang hukum, Binsar juga mengenyam pendidikan Sarjana Ekonomi dari STIE Jagakarsa.

Adapun keluarga, istri Binsar juga berdinas di Mahkamah Agung. Sedangkan kelima anaknya, yang tertua adalah panitera pengganti di PN Jakpus, anak kedua dokter, anak ketiga advokat di Palembang, anak keempat masih kuliah di USU dan yang terakhir baru masuk Akpol. (asp/dnu)