Selain Tes Keperawanan, Ini 5 Usul Hakim Binsar Tekan Perceraian

Andi Saputra - detikNews
Minggu, 10 Sep 2017 12:15 WIB
Binsar Gultom (ari/detikcom)
Jakarta - Hakim Binsar Gultom prihatin dengan tingkat perceraian yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, ia mengusulkan usulan tes keperawanan bagi perempuan yang akan menikah. Selain itu, ia juga mengusulkan 5 gagasan lain. Apa itu?

"Menurut catatan saya dari Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung (Badilag MA), sejak 2010 hingga 2014, dari 2 juta pasangan yang mencatatkan pernihakan, 300 ribu di antanya bercerai dengan berbagai alasan," kata Binsar.

Hal itu tertuang dalam buku Binsar yang berjudul 'Pandangan Kritis Seorang Hakim' yang dikutip detikcom, Minggu (10/9/2017). Nama hakim Binsar dikenal publik saat menjadi majelis hakim Jessica Kumala Wongso. Nah, untuk mencegah terjadinya perceraian, Binsar mengusulkan tes keperawanan bagi calon pengantin.

"Untuk itu, harus ada tes keperawanan. Jika ternyata sudah tidak perawan lagi, maka perlu tindakan preventif dan represif dari pemerintah. Barangkalai, pernikahan bisa ditunda dulu. Mengapa harus demikian? Karena salah satu yang membuat terjadinya perpecahan dalam rumah tangga karena perkawinan dilakukan dalam keadaan terpaksa, sudah hamil terlebih dahulu," ujar Binsar.
Selain Tes Keperawanan, Ini 5 Usul Hakim Binsar Tekan Perceraian

Selain tes keperawanan, ini 5 usulan Binsar untuk mencegah perceraian: