DetikNews
Minggu 10 September 2017, 08:46 WIB

Wali Kota Makassar Ajak Dubes Prancis Berlayar Pakai Pinisi

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Wali Kota Makassar Ajak Dubes Prancis Berlayar Pakai Pinisi Foto: Humas Pemkot Makassar
Makassar - Wali Kota Makassar Ramdhan 'Danny' Pomanto mengajak Duta Besar Perancis untuk Indonesia Jean-Charles Berthonnet, berlayar mengitari pulau-pulau di sekitar Makassar yang dikenal dengan Kepulauan Spermonde, menggunakan Kapal Pinisi, Sabtu sore, 9 September 2017.

Wali Kota Danny memamerkan keindahan matahari tenggelam di laut Makassar. Danny menyebut keindahan matahari senja termasuk 8 besar pemandangan senja terbaik di dunia. Jean Charles bersama rekannya tiba di Makassar sekaligus menghadiri Festival F8 yang digelar di kawasan Pantai Losari.

Sebelum berlayar, Wali Kota Danny bersama Jean Charles lebih dulu menandatangani MoU terkait pengembangan teknologi Kota Cerdas 'Smart City' yang melibatkan Engie Ineo dari Prancis. Engie Ineo merupakan salah satu perusahaan terbesar di Prancis yang bergerak di bidang rekayasa listrik, informasi dan sistem komunikasi.

"Kita memahami Prancis adalah negara besar, oleh karena itu kita coba tunjukkan kebesaran Makassar dengan potensi maritimnya yang luar biasa," ujar Danny kepada detikcom, Minggu (10/9/2017).
Wali Kota Makassar Ajak Dubes Prancis Berlayar Pakai PinisiFoto: Humas Pemkot Makassar

Selain dengan Engie Ineo Prancis, Pemkot Makassar juga mengadakan kerja sama di bidang Safety City ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman dengan Kota Kaohsiung di Taiwan, tentang pengembangan pembangunan dan perdagangan.

"Saat ini juga sedang penjajakan kerja sama dengan Makassar yaitu New Zealand untuk energi terbarukan, Georgia di bidang pariwisata, dan Afganistan pada sektor perdagangan," terang Kasubag Kerja Sama antar Daerah dan Lembaga, Bagian Ekonomi dan Kerja Sama Pemkot Makassar Najiran Syamsuddin.

Dalam Festival F8, ikut dirangkaikan pula dengan kejuaraan jetski berstandar Internasional yang dihadiri atlet jetski beberapa negara, seperti Thailand, Filipina dan Malaysia.
(mna/bag)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed