DetikNews
Minggu 10 September 2017, 07:07 WIB

Ketua MPR: Dahulukan Tenaga Kerja Negeri Sendiri

Mustiana Lestari - detikNews
Ketua MPR: Dahulukan Tenaga Kerja Negeri Sendiri Foto: Ketua MPR Zulkifli Hasan (Dok. MPR)
Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan kembali mengingatkan agar masyarakat Indonesia menjadi tuan di negeri sendiri. Karenanya tenaga kerja Indonesia harus diutamakan.

"Beras dari tanah kita, gula dari tanah kita, dan garam dari produksi kita. Bahkan tenaga kerja pun (harus) mendahulukan tenaga kerja negeri sendiri," ujar Zulkifli dalam keterangan tertulis dari MPR, Minggu (10/9/2017).

Zulkifli mengatakan itu saat didaulat memberikan Orasi Kebangsaan sekaligus membuka Musyawarah Nasional (Munas) III Ikatan Alumni Universitas Trisakti di Hotel Grand Sahid Jaya, Sudirman, Jakarta, Sabtu (9/9/2017).

Ia juga mengingatkan, kesenjangan sosial dan ketimpangan penguasaan sumber daya alam bisa menimbulkan kecemburuan sosial.

"Karena itu kami di MPR mendukung kebijakan pemerintah menjadikan tahun ini sebagai tahun untuk mengurangi kesenjangan," kata Ketua Umum PAN itu.

Dalam kesempatan itu, Zulkifli menyebut nama Trisakti yang merupakan pemberian Presiden pertama Indonesia Bung Karno memiliki makna Indonesia harus menjadi tuan di negeri sendiri.

"Trisakti adalah cita-cita menuju Indonesia yang mandiri dan berdaulat. Berdaulat dalam politik, berdikari dalam bidang ekonomi sekaligus berkepribadian dalam kebudayaan," tuturnya.

Hadir dalam munas tersebut Pelaksana Tugas Rektor Trisakti Ali Ghufron, Ketua Ikatan Alumni Universitas Trisakti Sugihono Karyosuwondo, civitas Universitas Trisakti dan ratusan perwakilan alumni Trisakti yang datang dari seluruh Indonesia.


(nwy/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed