Laporan dari China

Pemkot Pangkal Pinang dan SD di Nanning Sharing soal Pendidikan

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Sabtu, 09 Sep 2017 16:52 WIB
Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom
Nanning - Wali Kota Pangkal Pinang M Irwansyah bertemu dengan perwakilan guru SD Ping Xi di Kota Nanning, Provinsi Guangxi Zhuang, China. Guru SD tersebut menyambut hangat pertemuan dengan Irwansyah yang berlangsung di salah satu restoran muslim di Kota Nanning.

Irwansyah beserta rombongan Pemkot Pangkal Pinang hadir di restoran muslim yang berada di gedung Nanning Islamic Association, Kota Nanning, Guangxi Zhou, China, Sabtu (9/9/2017), itu. Irwansyah bersama guru-guru tersebut melakukan diskusi dan tukar pikiran seputar sistem dunia pendidikan.

"Terima kasih sambutannya yang hangat, ini sambutan yang sudah seperti keluarga kami sendiri. Saya harap jika ada waktu, silakan berkunjung ke Indonesia untuk kembali sharing dunia pendidikan bersama kami," ujar Irwansyah kepada guru SD Pingxi.

SD Pingxi beberapa tahun yang lalu pernah melakukan kunjungan ke salah satu sekolah yang ada di Pangkal Pinang. Hubungan SD Pingxi dengan Pemerintah Kota Pangkal Pinang sudah terjalin sejak dulu.

"Waktu itu (ketika kami ke Indonesia) mereka sangat welcome menyambut kami. Murid-murid yang ada di sana sangat baik etika dan perilakunya. Mereka sangat sopan, mereka sangat lucu-lucu, dan tampak ceria," kata Wakil Kepala Sekolah Ping Xi, Qin, mengenang kunjungannya ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Menurut Qin, sistem pendidikan dasar memang harus mengedepankan budi pekerti dan etika yang baik kepada muridnya. Hal ini pulalah yang diterapkan SD Ping Xi dalam membentuk karakter muridnya.

Irwansyah juga pernah berkunjung ke SD Ping Xi di Nanning pada 2015. Waktu itu anak-anak di SD di Nanning menyambutnya hangat dengan berbagai lagu Indonesia.

"Waktu itu anak-anak SD Ping Xi menyambut saya dengan lagu-lagu Indonesia. Hubungan kami dalam sistem pendidikan di kota ini, khususnya SD Ping Xi, memang cukup baik," kenang Irwansyah.

Pemkot Pangkal Pinang juga berdiskusi seputar jam belajar siswa SD selama berada di sekolah. Di SD Ping Xi dan sekolah lainnya yang ada di China memberlakukan jam belajar pagi hingga sore hari.

"Kalau di kami jam belajarnya itu dari jam 8 pagi hingga jam 11.30. Siswa kemudian beristirahat untuk makan siang dan tidur siang di rumah. Kemudian nanti pada pukul 15.00 mereka kembali belajar hingga pukul 17.00," jelas Qin.

Pertemuan tersebut berlangsung selama kurang-lebih 2 jam. Pertemuan ini berlangsung di sela-sela kegiatan Irwansyah sebagai salah satu wakil Indonesia di China-ASEAN Mayors Forum 2017 di Kota Nanning. (nvl/jor)