DetikNews
Sabtu 09 September 2017, 10:36 WIB

Laporan Dari China

Taman Qingxiu, Bukit Indah yang Ada di Tengah Kota Nanning

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Taman Qingxiu, Bukit Indah yang Ada di Tengah Kota Nanning Taman Qingxiu yang berada tepat di Kota Nanning (Noval/detikcom)
Nanning - Kota Nanning, ibu kota Provinsi Guangxi Zhuang, China, terdiri dari berbagai perbukitan yang indah. Salah satunya Taman Qingxiu, sebuah bukit yang berada di tengah Kota Nanning.

detikcom bersama Wali Kota Pangkal Pinang M Irwansyah mengunjungi taman ini pada Sabtu (9/9/2017). Pengunjung disediakan mobil listrik untuk mengelilingi taman ini. Namun ada juga pengunjung yang menikmati suasana taman dengan berjalan kaki dan berolahraga pagi.

Mobil listrik yang akan mengantar wisatawan berkeliling Taman Qingxiu Mobil listrik yang akan mengantar wisatawan berkeliling Taman Qingxiu (Noval/detikcom)


Dari pintu masuk pengunjung langsung disuguhi pepohonan rindang dan berbagai jenis tanaman yang berbaris rapi. Perjalanan menuju puncak bukit terasa rindang dan asri. Selain itu, ada berbagai jenis patung yang sangat khas sebagai budaya China.

Perlu waktu 10-15 menit untuk sampai ke puncak bukit dengan menggunakan mobil listrik. Di puncak bukit terdapat beberapa kuil umat Buddha dari budaya China dan Thailand.

"Kuil-kuil di sini terbagi sesuai dengan pemujaan dewanya. Biasanya pengunjung juga mendatangi kuil sesuai dengan doa dan harapannya kepada dewa," ujar seorang pemandu wisata.

Pengunjung di kuil ini ada yang sekadar berwisata dan ada yang datang untuk beribadah dan menyampaikan harapannya. Suasana kuil menjadi sangat terasa dengan aroma dupa yang dibakar pengunjung sebelum masuk ke kuil.

Suasana Kota Nanning dari Taman QingxiuSuasana Kota Nanning dari Taman Qingxiu (Noval/detikcom)


Tepat di depan pintu masuk kuil, hamparan Kota Nanning dengan berbagai gedung pencakar langit langsung terlihat. Disediakan satu bangunan kayu yang digunakan untuk berfoto dengan latar hamparan Kota Nanning. Dari tempat ini juga disediakan mobil listrik untuk pengunjung yang hendak melanjutkan perjalanan turun.

Perjalanan turun sedikit berbeda dengan perjalan menuju puncak bukit yang sangat rindang oleh pepohonan. Menuruni puncak bukit, pengunjung akan disambut hamparan lapangan hijau yang sangat luas. Lapangan itu makin terlihat indah dengan beberapa batu besar yang ada di atasnya.

 Satu-satunya masjid di Kota Nanning Satu-satunya masjid di Kota Nanning. (Noval/detikcom)


Beberapa anak terlihat sangat menikmati bermain di lapangan itu. Ada juga beberapa danau kecil yang menyambut pengunjung selama perjalanan turun.

Pemerintah Kota Nanning sangat maksimal dalam membangun taman kota untuk warganya. Di beberapa sudut taman terdapat kantor pelayanan kesehatan dan pemadam kebakaran yang bersiaga untuk pengunjung. Taman Qingxiu hanyalah satu di antara taman besar yang ada di berbagai perbukitan Kota Nanning.

"Pemerintah di sini itu sangat maksimal memanjakan taman untuk warganya. Qingxiu ini hanya salah satu saja, yang lebih besar dari ini masih ada lagi," kata pemandu wisata tersebut.
(nvl/ams)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed