DetikNews
Jumat 08 September 2017, 02:05 WIB

Fadli Zon: Korupsi Hambatan Utama Masyarakat Dunia

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Fadli Zon: Korupsi Hambatan Utama Masyarakat Dunia Foto: Fadli Zon (Andika/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon bicara soal pentingnya pemberantasan korupsi bagi sebuah negara dalam forum World Parliamentary Forum on Sustainable Development di Nusa Dua Bali. Dalam forum internasional tersebut, Fadli menegaskan korupsi merupakan musuh negara.

"Meskipun ada pertumbuhan ekonomi, namun ketika praktik korupsi masih masif, maka pembangunan tidak akan berdampak bagi kesejahteraan masyarakat. Korupsi adalah hambatan utama bagi masyarakat global untuk kehidupan yang lebih baik," kata Fadli Zon dalam keterangan tertulis, Kamis (7/9/2017).

Fadli mengatakan korupsi membuat pemerintahan suatu negara menjadi lemah. Pembangunan, program pro-rakyat hingga inovasi suatu negara menjadi terhambat karena praktik korupsi.

Wakil Ketua Umum Gerindra itu juga menekankan pentingnya peran parlemen dunia dalam mendukung agenda pemberantasan korupsi. Parlemen, kata Fadli, punya 3 peran strategis membantu pemberantasan korupsi, yaitu melalui legislasi, kontrol anggaran, dan pengawasan. Dia pun mengharapkan kerja sama antarparlemen dunia dalam memberantas korupsi.

"Tanpa kerja sama yang kuat dari seluruh pihak, termasuk dari parlemen seluruh dunia, maka akan sulit untuk mewujudkan pembangunan yang inklusif. Kerja sama parlemen akan mempercepat agenda pemberantasan korupsi yang menjadi target SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan)," tutur Fadli.
(gbr/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed