DetikNews
Kamis 07 September 2017, 13:25 WIB

Pemilik Mobil Wajib Punya Garasi, Djarot Minta Dishub Sosialisasi

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Pemilik Mobil Wajib Punya Garasi, Djarot Minta Dishub Sosialisasi Foto: Gubernur DKI Jakarta Djarot S Hidayat. (Muhammad Fida Ul Haq)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta Dinas Perhubungan DKI mensosialisasikan aturan wajib punya garasi bagi pemilik mobil. Aturan mengenai garasi tertuang dalam Perda Nomor 5 Tahun 2014.

"Pada Dishub untuk mensosialisasikan Perda nomer 5 tahun 2014 tentang penataan lalu lintas di Jakarta. Salah satunya tentang kewajiban bagi yang punya kendaraan roda empat mobil itu sanggup menyediakan garasi," kata Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2017).

Djarot mengatakan masih banyak warga yang belum mengetahui aturan wajib punya garasi bagi pemilik mobil. Karena itu, diperlukan sosialisasi agar warga mengerti.

"Karena banyak yang belum paham bahwa salah satu persyaratan mendapatkan STNK itu adalah kesanggupan surat pernyataan keterangan bahwa yang bersangkutan mempunyai garasi," ujarnya.

Aturan mengenai garasi mobil itu tepatnya tercantum dalam Perda Nomor 5 Tahun 2014 Pasal 140. Berikut bunyinya:

1. Setiap orang atau badan usaha pemilik Kendaraan Bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi.
2. Setiap orang atau badan usaha pemilik Kendaraan Bermotor dilarang menyimpan Kendaraan Bermotor di ruang milik Jalan.
3. Setiap orang atau badan usaha yang akan membeli Kendaraan Bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraannya yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari Kelurahan setempat.
4. Surat bukti kepemilikan garasi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) menjadi syarat penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.
5. Ketentuan lebih lanjut mengenai kepemilikan Kendaraan Bermotor diatur dengan Peraturan Gubernur.
(fdu/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed