Beredar Video Helper di Bandara Cengkareng yang Kini Jadi Cuek

Jabbar Ramdhani - detikNews
Kamis, 07 Sep 2017 12:57 WIB
Tampak helper di Bandara Soekarno-Hatta bersikap cuek kepada penumpang (Foto: screenshot video)
Jakarta - Sebuah video yang menggambarkan situasi di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, beredar melalui aplikasi pesan instan. Dalam video tersebut tampak situasi di sebuah terminal keberangkatan penumpang.

Tampak ada beberapa penumpang yang turun dari mobil untuk masuk ke bandara. Di antara mereka ada yang membawa barang banyak dan ada yang seadanya.

Di lokasi yang sama, tampak helper dari Bandara Soekarno-Hatta yang mengenakan kaus polo berwarna biru dan celana hitam. Beberapa dari mereka berdiri berkerumun di satu titik, yang lainnya berdiri berpencar di selasar terminal keberangkatan penumpang tersebut.



Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Angkasa Pura II telah menggratiskan jasa portir kepada penumpang. Layanan airport helper ini baru diterapkan di Bandara Soekarno-Hatta.

Para helper akan memberikan jasa bantuan membawa barang para penumpang secara cuma-cuma. Mereka akan membawa barang tanpa penumpang harus membayar, apalagi memberikan tip. Sebab, para helper sudah ditanggung oleh Angkasa Pura II.

Namun, dari video yang tersebar tersebut, tampak para helper bersikap cuek kepada penumpang yang akan masuk bandara. Terkait hal ini, pihak Bandara Soekarno-Hatta menyatakan akan terus melakukan evaluasi pada layanan ini.

"Kalau saya komentari video itu, bukannya (helper) tidak mau (membantu). Tapi kita sudah ada yang menawarkan, dan penumpang ada yang menyatakan belum membutuhkan bantuan. Tapi kita terus lakukan perbaikan dari pengguna jasa. Kita lakukan evaluasi terus agar meningkatkan kinerja mereka," kata Branch Communication Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Dewandono Prasetyo Nugroho, ketika dihubungi, Kamis (7/9/2017). (jbr/fjp)