Hakim Tanya Penekan Miryam, Farhat Abbas Sebut Novanto Cs

Faiq Hidayat - detikNews
Senin, 04 Sep 2017 15:08 WIB
Farhat Abbas/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Advokat Farhat Abbas menyebut Miryam S Haryani pernah bercerita ke Elza Syarief mengenai anggota DPR yang menekan untuk mencabut berita acara pemeriksaan (BAP). Nama-nama yang diduga menekan Miryam dikonfirmasi majelis hakim.

"Elza pernah cerita ke Anda ya, anggota DPR tekan Miryam. Namanya Djamal, Akbar Faizal, Markus Nari, Setya Novanto dan Chairuman? itu benar?" tanya hakim kepada Farhat saat bersaksi dalam sidang Miryam di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jl Bungur Besar, Jakarta Pusat, Senin (4/9/2017).

"Iya benar pernah mendengar dari Bu Elza. Kalau Akbar Faizal itu soal lain," jawab Farhat.

Farhat mengatakan, pencabutan BAP diduga dimaksudkan agar nama-nama yang terlibat dalam dugaan korupsi e-KTP tidak ditindaklanjuti KPK. Menurutnya nama-nama anggota DPR yang diduga terlibat dalam perkara bisa dihilangkan melalui pencabutan BAP Miryam.

"Waktu itu ada pembicaraan internal ceritakan proses itu kenapa BAP itu dicabut. Disampaikan Elza, Bu Yani cabut BAP (agar) selamat semua dan ada orang yang selamat," sambungnya.

Kepada Farhat, hakim bertanya mengenai bentuk tekanan yang diberikan anggota DPR kepada Miryam. Sebab dalam BAP, Farhat menyebutkan Miryam ditekan anggota DPR.

"Dalam BAP Anda ini Miryam ditekan bukan tertekan, jadi gimana bentuk tekanannya?" tanya hakim.

"Saya tahu itu semua karena dengar dari Bu Elza," jawab Farhat.

(fai/fdn)