DetikNews
Senin 04 September 2017, 13:24 WIB

Saksi Akui Serahkan Uang Rp 1 M untuk Miryam

Faiq Hidayat - detikNews
Saksi Akui Serahkan Uang Rp 1 M untuk Miryam Miryam S Haryani (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Mantan staf Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Yosep Sumartono mengaku dikenalkan Vidi Gunawan oleh mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Kemendagri Sugiharto. Kemudian Vidi, yang merupakan adik Andi Norogong, bertemu dengan Yosep di Mal Cibubur Junction.

"Saya disuruh ambil titipan di Vidi Gunawan. Saya telepon Pak Vidi, ketemuan di Mal Cibubur. Saat itu Vidi memberikan titipan uang," kata Yosep saat sidang terdakwa Miryam S Haryani di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar, Jakarta Pusat, Senin (4/9/2017).

Uang itu untuk diberikan kepada pejabat Kemendagri karena perusahaan milik Andi Narogong telah memenangi tender proyek e-KTP. Yosep mengaku empat kali menerima uang dari Vidi Gunawan.

"Saya terima uang USD 500 ribu di Mal Cibubur, USD 400 ribu di Holland Bakery, USD 200 ribu di pom bensin Bangka, dan USD 400 ribu di pom bensin AURI," kata Yosep.

Setelah itu, Yosep juga diminta mengantarkan uang Rp 1 miliar oleh Sugiharto. Uang itu dimaksudkan seseorang yang bernama Yani.

"Ini uang untuk Yani, uang Rp 1 miliar, lo. Saya takut salah ke orang yang memberi saya berikan tanda terima saja tanpa tahu namanya," kata Yosep.

Lantas, hakim menanyakan apakah Yani tersebut adalah Miryam S Haryani. Sebab, hakim menilai ada keanehan dari Yosep yang mengantarkan uang ke seseorang yang tak dikenalnya.

"Nama Yani ini di dunia banyak, lo, masak Anda tidak mencari tahu dan tanya ke Pak Sugiharto?" tanya hakim.

"Nggak Pak. Saya setelah dapat perintah, saya enggak cari tahu siapa Yani itu," jawab Yosep.

Saat menyerahkan uang tersebut, Yosep menyatakan Yani memerintahkan anak buahnya mengambil uangnya. Namun ia juga sudah menyiapkan kiitansi untuk bukti serah-terima.

"Jadi begini Yang Mulia, sebelum saya serahkan uang, saya serahkan kuitansi. Tapi dia tidak mau tanda tangan, kemudian saya telepon Pak Sugiharto, Pak Giarto bilang tidak apa-apa, kasih saja," kata Yosep.

Meski begitu, Yosep mengaku mengetahui nama Yani adalah Miryam S Haryani saat diperiksa penyidik KPK. Apalagi Sugiharto menyebutkan uang untuk Yani tersebut adalah Miryam S Haryani.

"Anda tahu Yani Miryam itu saat diperiksa penyidik?" tanya hakim.

"Iya, Yang Mulia, saat itu diperiksa penyidik ditanya apakah Yani Miryam S Haryani. Pak Sugiharto bilang iya, saya tidak tahu awalnya. Ternyata Yani itu Miryam S Haryani," jawab Yosep.
(fai/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed