DetikNews
Senin 04 September 2017, 06:54 WIB

2 Saksi Istimewa di Besanan 2 Jenderal

Elza Astari Retaduari - detikNews
2 Saksi Istimewa di Besanan 2 Jenderal Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Pernikahan anak Kepala BNN Komjen Budi Waseso (Buwas) dan Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan (BG) menyita banyak perhatian. Betapa tidak, saksi nikah kedua anak jenderal itu cukup spesial.

Akad nikah putri Buwas, Nindya Nur Prasasti (Nindy) dan putra BG, Mochamad Herviano Widyatama (Vino) digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Sabtu (2/9). Presiden Joko Widodo dan Ketum MUI Ma'ruf Amin menjadi saksi nikah untuk Nindy, sementara Wapres Jusuf Kalla dan Mendagri Tjahjo Kumolo menjadi saksi nikah untuk sang mempelai pria, Vino.

Usai akad nikah, Nindy dan Vino langsung menggelar resepsi pernikahan di lokasi yang sama. Tema yang diangkat untuk resepsi perdana itu adalah dengan adat Jawa Tengah.

Presiden Jokowi jadi saksi nikah di pernikahan anak Buwas dan BG.Presiden Jokowi jadi saksi nikah di pernikahan anak Buwas dan BG. Foto: (dok detikcom)

Para pejabat dan tokoh nasional menghadiri acara besanan Buwas dan BG itu. Selain Jokowi dan JK, para pimpinan lembaga negara juga turut menjadi tamu undangan. Sebut saja seperti Ketua DPR Setya Novanto hingga pimpinan KPK.

Empat pimpinan KPK kompak hadir dalam hajatan Buwas dan BG. Mereka adalah Ketua KPK Agus Rahardjo serta para wakilnya, Laode M Syarif, Basaria Panjaitan, dan Saut Situmorang.


Selain itu, hadir pula Seskab Pramono Anung, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Wamen ESDM Arcandra Tahar, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, mantan wapres Boediono, Jaksa Agung HM Prasetyo, dan lain sebagainya.

Buwas dan BG pun menggelar resepsi kedua bagi anak-anak mereka pada Minggu (3/9) malam. Lokasi masih di tempat yang sama yakni di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Saksi Istimewa di Besanan 2 JenderalFoto: Pimpinan KPK di resepsi pertama anak Buwas-BG. Nur Indah Fatmawati/detikcom

Bila di hari pertama resepsi digelar dengan prosesi Solo, acara kedua Nindy dan Vino diselenggarakan dengan adat Minangkabau. Nuansa merah dan emas mendominasi di resepsi kedua.

Tampak Nindy mengenakan baju minang lengkap dengan penutup kepala panjang Koto Gadang (Tengkuluk Talakuang), sementara Vino memakai Saluak Datuk. Buwas dan BG juga mengenakan pakaian gaya Minangkabau.

Saksi Istimewa di Besanan 2 JenderalFoto: Pernikahan adat Minang anak BG-Buwas (dok. Istimewa)

Mantan Ketua MPR Amien Rais ditunjuk menjadi perwakilan keluarga untuk memberi sambutan kepada para tamu undangan. Acara resepsi kedua Nindy dan Vino cukup semarak.

Kesenian dan alat musik khas Minang turut memeriahkan acara. Tari Piring hingga musik Talempong dihadirkan untuk menghibur para tamu di resepsi acara yang digelar di Assembly Birawa Hall. Para penari dan pemain musik mengenakan pakaian adat daerah Minangkabau.


Bukan hanya hiburan tradisional saja yang menyemarakkan resepsi kedua Nindy dan Vino. Hiburan dari artis-artis ibu kota ikut mengisi acara. Deretan penyanyi yang menyumbangkan suara di pernikahan dua anak jenderal ini seperti Bunga Citra Lestari, Fariz RM, Deddy Dhukun, Ari Lasso, hingga grup Kahitna.

Sejumlah makanan pun disiapkan bagi para tamu di resepsi anak Buwas dan BG. Mulai menu tradisional hingga internasional disajikan. Untuk sajian khas daerah, para tamu disuguhi nasi kapau dan kambing guling. Sementara menu internasional dari mulai shabu-shabu, japanese steam boat, roast duck hingga salmon.

Saksi Istimewa di Besanan 2 JenderalFoto: BCL menyanyi di resepsi anak BG-Buwas. (Dok Istimewa).

Bila di acara hari pertama aromaterapi diberikan sebagai tanda mata untuk tamu, resepsi kedua Nindy dan Vino memberikan notes book sebagai suvenir. Acara malam tadi pun cukup meriah. Sejak pukul 18.30 WIB hingga jelang tengah malam, tak henti tamu berdatangan memberikan ucapan selamata.

Di akhir acara, para tamu pun ikut melantai dengan berjoget bersama. Tarian Maumere menjadi penutup acara.

Saksi Istimewa di Besanan 2 JenderalFoto: Tamu joget maumere di Resepsi pernikahan anak Buwas-BG. (Dok Istimewa)

Hadir dalam resepsi kedua Nindy dan Vino para tokoh nasional, mulai dari pejabat hingga anggota dewan. Sebut saja Hakim MA Gayus Lumbuun, Menko Kemaritiman Luhut B Pandjaitan, Kapolda Papua Irjen Boy Rafli, dan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.

Dua eks KaBIN yakni Hendropriyono dan Sutiyoso tampak di antara tamu undangan. Hadir pula Agus Harimurti Yudhoyono. Sementara itu dari jajaran wakil rakyat, terlihat Siti Hediati (Titiek Soeharto) dari Fraksi Golkar dan Edhie Baskoro (Ibas) Yudhoyono yang juga merupakan Ketua Fraksi Partai Demokrat.

Saksi Istimewa di Besanan 2 JenderalFoto: Resepsi pernikahan anak Buwas-BG. (Dok Istimewa)

Kemudian ada pula Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan Waketum Demokrat, Nurhayati Ali Assegaff juga hadir. Deretan anggota DPR lainnya yang hadir adalah Ahmad Muzani (Gerindra), Effendi Simbolon (PDIP), Muhaimin Iskandar (Ketum PKB), dan Aboebakar Alhabsy.

Para tokoh turut memberi ucapan selamat dan doa kepada Nindy dan Vino. Seperti Irjen Boy Rafli yang mendoakan agar rumah tangga keduanya sakinah, mawadah dan warahmah.

"Tentunya selamat menempuh hidup baru, suasana baru temtunya semoga kesuksesan semoga menyertai mas Vino dan mbak Nindy," ucap Boy, Minggu (3/9/2017) malam.
(elz/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed