DetikNews
Minggu 03 September 2017, 22:46 WIB

Diprediksi 97 Ribu Kendaraan Lintasi GT Cikarang Utama Menuju DKI

Mei Amelia R - detikNews
Diprediksi 97 Ribu Kendaraan Lintasi GT Cikarang Utama Menuju DKI Ilustrasi antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama (Foto: Jasa Marga)
Jakarta - Hari ini menjadi puncak arus balik libur panjang Idul Adha 2017. PT Jasamarga memprediksi akan ada 97 ribu kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Cikarang Utama menuju ke Jakarta.

"Puncak arus balik libur panjang Idul Adha 2017 terjadi pada hari Minggu (3/9). Hari ini diprediksi volume lalu lintas yang menuju Jakarta melalui GT Cikarang Utama ada sebanyak 97 ribu kendaraan," kata Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso lewat keterangan tertulisnya, Minggu (3/9/2017).


Dia mengatakan sampai pukul 14.00 WIB tercatat volume lalu lintas menuju Jakarta mengalami peningkatan hingga 34 ribu kendaraan. Jumlah ini 22 persen lebih tinggi dibandingkan volume lalu lintas normal yakni 28 ribu kendaraan.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sempat berkomunikasi melalui video conference dari kantornya. Melalui sambungan tersebut, dia berkomunikasi dengan Sekretaris Jenderal Kementrian Perhubungan Sugihardjo yang didampingi oleh Direktur Lalu Lintas Hubdat Pandu Yunianto, Direktur Operasional II Jasa Marga Subakti Syukur dan GM Cabang Jakarta-Cikampek R Kristianto yang berada di Gerbang Tol Cikarang Utama.


Menhub meminta Jasa Marga untuk tetap siaga dan siap menghadapi puncak arus balik pada hari ini. "Saya meminta agar tim di Cikarang Utama selalu siap dalam menghadapi puncak arus balik serta menyiapkan skema yang sama seperti arus balik lebaran 2017," kata Menhub Budi.

Direktur Operasional II Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan saat ini Gerbang Tol di Cikarang Utama sudah dibuka 29 gardu dari kondisi normal yang hanya dibuka 24 gardu. Nantinya akan ada 31 gardu yang dibuka sebagai langkah untuk mengurai kepadatan kendaraan.


"Jasa Marga telah mempersiapkan antisipasi peningkatan lalu lintas di GT Cikarang Utama dengan melakukan upaya-upaya seperti memaksimalkan gardu operasional yang menuju Jakarta, pengalihan kendaraan melalui GT Cikarang Barat 2 serta berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan contraflow mulai dari KM 64 sampai dengan KM 31," ujar Subakti.

Sekjen Kemenhub Sugihardjo memberi apresiasi atas sinergi yang dilakukan semua pemangku kepentingan dalam menghadapi puncak arus balik libur Idul Adha kali ini.


"Atas nama Kementrian Perhubungan, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah bersinergi dalam melakukan antisipasi dan tidak lengah dengan menyiapkan skenario yang sama seperti lebaran. Jasa Marga juga telah berkordinasi dengan pihak kepolisian untuk menyiapkan contra flow," ujar Sugihardjo.

Jasa Marga terus mengimbau pengguna jalan untuk dapat mengatur jadwal perjalanan balik menuju Jakarta, dan selalu menggunakan uang elektronik untuk pembayaran tol agar dapat mempercepat waktu transaksi. Jasa Marga memberikan diskon 10 persen sampai dengan tanggal 3 September 2017 periode shift 3.
(jbr/ams)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed