DetikNews
Sabtu 02 September 2017, 18:32 WIB

Tak Perlu Cambuk, Begini Cara Kusir Sidik Bikin Kudanya Semangat

Ibnu Hariyanto - detikNews
Tak Perlu Cambuk, Begini Cara Kusir Sidik Bikin Kudanya Semangat Sidik meroskam kudanya tiap hari. Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Jakarta - Sebuah video di media sosial memperlihatkan seekor kuda delman yang tetap dicambuk walau sudah terkapar kelelahan. Kuda tersebut diketahui mengalami kelelahan saat narik delman. Lalu bagaimana cara perawatan agar kuda delman tetap fit?

Sidik salah satu kusir delman di kawasan Mekarsari menceritakan ada perawatan-perawatan khusus terhadap kuda delman. Perawatan tersebut bertujuan agar kuda tetap sehat dan fit saat dibawa narik delman.

"Satu kuda pokoknya satu karung nggak boleh telat. Kalau telat sehari kuda bisa 'rusak'," kata Sidik di Kandang Kuda, Jalan Raya Bogor, Mekarsari, Depok, Jawa Barat, Sabtu (2/8/2017).

Selain pemberian makan yang rutin, menjaga kebersihan kandang juga menjadi faktor agar kondisi kuda tetap fit. Kandang kuda harus dibersihkan setiap hari. Kuda yang kerap digunakan untuk narik delman juga harus diberikan tambahan vitamin dan jamu.

"Kita paling cekok (jamu) seminggu sekali. Dikasih jamu, susu beruang, telor, pokoknya kesehatan dijaga betul," tutur dia.

Sidik yang sehari-hari narik delman mulai jam 14.00 WIB hingga 18.00 WIB itu setiap kuda sebelum narik harus diroskam. Roskam adalah alat perawatan terhadap kuda yang terbuat dari seng yang berigi untuk digosok-gosokan ke tubuh kuda.

"Kuda itu kita roskam tiap hari pagi nih, nanti pulang narik digituin lagi biar fit badannya. Kalau pulang narik kan pada keringatan kalau diroskam kan keluar lagi hawanya," jelasnya.

Kemudian, jika kuda yang sudah terlihat sakit jangan dipaksa dibawa untuk narik. Menurut Sidik, kondisi kuda yang sedang sakit atau tidak, bisa dilihat dari raut muka kuda tersebut.
Delman milik Sidik.Delman milik Sidik. Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom

"Sebenarnya kalau kuda itu kelihatan kalau lagi sakit dari raut muka, kalau pulang narik kita langsung rawat lagi biar fit lagi. Jika lagi sakit saya pakai obat-obat atau ramuan sendiri aja udah ada tipsnya," kata dia.
(ibh/bag)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed