DetikNews
Jumat 01 September 2017, 18:51 WIB

Puncak Arus Balik Libur Idul Adha Diprediksi Minggu Malam

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Puncak Arus Balik Libur Idul Adha Diprediksi Minggu Malam Foto: Kemenhub cek tol saat libur Idul Adha (Edo-detikcom)
Jakarta - Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus balik libur Idul Adha jatuh di hari minggu (3/9) malam. Untuk antisipasi kepadatan arus balik Jasa Marga akan melakukan contraflow.

"Prediksi arus mudik akan terjadi pada hari minggu," ujar Sekjen Sugihardjo di sela peninjauan Gardu Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jumat (1/9/2017).

Sugihardjo juga telah mengeluarkan surat edaran pembatasan operasi truk di arus balik libur Idul Adha nanti. Meski sifatnya imbauan, polisi bisa mengambil diskresi.

"Karena itu kami minta kepadatan operator angkutan barang untuk mematuhi ini, walaupun sifatnya edaran. Tentu pihak kepolisian akan menggunakan diskresi, apabila terjadi kemaceta," paparnya.

Sementara Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, antisipasi arus balik, telah disiapkan skenario dan koordinasi dengan Korlantas Polri. Selain Contraflow, kesiapan rest area juga diperkuat untuk menampung arus balik.




"Antisipasi arus balik, prinsipnya kita persis memakai apa yan kita lakukan pada saat Lebaran kemarin. Jadi kalau kita ingat catatan kemarin, kita harus waspada di rest area. Kami siap-siap menambahkan contraflow dan rest area," kata Desi.

Desi katakan Contraflow akan diberlakukan di KM 66 dan KM 34. Sepanjang titik itu akan diawasi petugas Jasa Marga dan Polri.

"Contraflow dari KM 66 sampai KM 33, jadi 32 KM kita lakukan contraflow. Kalau Cikarang Utama sendiri aman, karena kita akan buka full 31 (gardu) persis seperti mudik kemarin dan kalau dari catatan trafficnya sedikit, di bawah Lebaran kemarin, kalau sekarang ini 113 kurang sedikit. Pastinya arus balik di bawah itu," pungkasnya.
(edo/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed