DetikNews
Jumat 01 September 2017, 18:35 WIB

Kemenhub Pastikan Lalin Saat Libur Idul Adha Terkendali

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Kemenhub Pastikan Lalin Saat Libur Idul Adha Terkendali Foto: Kemenhub cek tol saat libur Idul Adha (Edo-detikcom)
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan arus kendaraan libur panjang Idul Adha berlangsung normal. Meski ada kemacetan di sejumlah ruas tol tapi hal tersebut masih bisa dikendalikan.

"Prediksi kalau arus berangkat setelah potong kurban sampai sore ini dan shift dua nanti sudah tidak. Makanya kita antispasi sampai sore kalau malam enggak," ujar Sekjen Kemenhub Sugihardjo di sela-sela kunjungan Gerbang Pintu Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jumat (1/9/2017).

Dia mengatakan sejak tadi malam sampai sore ini ada 129 ribu kendaraan yang meninggalkan Jakarta. Jumlah ini lebih sedikit dibanding libur Idul Adha tahun lalu.

"Data Jasa Marga itu jumlah hampir 130 ribu, tepatnya 129.000 kendaraan berarti 3.000 lebih sedikit dari arus Lebaran," ujarnya.

Sugiharjo juga memberikan apresiasi kepada Jasa Marga dan Polri dalam menjaga kelancaran libur panjang Idul Adha. Khususnya kepadatan volume kendaraan sehingga tidak menyebabkan kemacetan separah tahun lalu.

"Jasa Marga tidak egois, karena kalau kita mau cepat terserap, seluruh gardunya dibuka semua (20 gardu), mungkin kepadatan tol Cikampek berkurang, tetapi berpengaruh di tol Cipali dan Cipularang, kenapa? karena ini jalur multi, kalau dibuka akan kewalahan sehingga kemarin walaupun padat, tetap dijaga 14 gardu," tuturnya.
(edo/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed