DetikNews
Jumat 01 September 2017, 14:14 WIB

Politikus NasDem Ungkap Alasan Polisikan Jonru Ginting

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Politikus NasDem Ungkap Alasan Polisikan Jonru Ginting Foto: Dok. Facebook Jonru Ginting
Jakarta - Muannas Al Aidid, pengurus Badan Advokasi dan Hukum (Bahu) NasDem, melaporkan pemilik akun media sosial Jonru Ginting atas dugaan pencemaran nama baik ke Polda Metro Jaya. Muannas melapor berawal dari pernyataan Jonru yang disiarkan langsung dalam acara talkshow pada salah satu stasiun televisi swasta.



"Dalam kesempatan itu, kalau diperhatikan komunikasi dia di acara talkshow, ada dugaan kuat posting-an Jonru yang menuduh PBNU menerima Rp 1,5 triliun sebagai sogokan penerbitan Perppu Ormas. Itu disampaikan oleh saksi kami, Guntur Romli, dan dia (Jonru) tidak membantah di situ," kata Muannas saat berbincang melalui sambungan telepon dengan detikcom, Jumat (1/9/2017).

Selain itu, Muannas menganggap Jonru telah menyatakan asal-usul Presiden Jokowi tidak jelas dalam akun media sosialnya. Dia berinisiatif melaporkan Jonru lantaran polisi tak bertindak atas ujaran kebencian yang dilontarkan Jonru.

"Terkesan polisi tak melakukan tindakan, untuk mencegah itu kita melaporkan. Karena itu bukan delik aduan, siapa pun bisa melaporkan, apalagi konten itu hate speech dan dugaan yang bernuansa SARA," kata Muannas.

Menurut Muannas, apa yang sering dilontarkan Jonru di media sosial bukanlah kritik, melainkan ujaran kebencian. Kalau kritik, kata dia, bisa dipertanggungjawabkan secara hukum.

"Beda dengan akun ini, dia tak melakukan klarifikasi," ujar Muannas.
(bag/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed