DetikNews
Jumat 01 September 2017, 00:00 WIB

Kemenhub Minta Pertamina Sediakan Solar Eceran di Tol Cipali-Brexit

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Kemenhub Minta Pertamina Sediakan Solar Eceran di Tol Cipali-Brexit Ilustrasi (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Kementerian Perhubungan meminta Pertamina juga menyediakan jerigen solar di layanan bensin keliling. Hal ini mengingat terbatasnya pom bensin di ruas Tol Cipali hingga Brebes Exit Timur.

"Memang Pertamina, lebaran kemarin telah mengantisipasi dengan jerigen-jerigen untuk galon-galon mobile, tapi kemarin itu BBM jenis premium dan pertamax semua, lupa (menyiapkan) jenis solar. Padahal 20% dari kendaraan yang ada menggunakan BBM jenis solar," ujar Sekjen Kemenhub, Sugihardjo di sela-sela kunjungan kerja di Gerbang Tol Brexit, Jawa Tengah, Kamis (31/8/2017).

Sugiharjo mengatakan, opsi pengadaan jerigen solar merupakan hasil evaluasi rapat kordinasi Idul Fitri 2017. Kehadiran pom bensin keliling di tol Cipali tidak mengurangi antrean kendaraan di bahu jalan.

"Persoalannya kemarin, pemudik itu kebanyakan mencari solar," paparnya.

Sugiharjo mengingatkan kunci sukses penanganan libur Idul Adha yakni sinergi dan koordinasi antara Polri dengan Dinas Perhubungan di lapangan.

"Kemacetan itu ibarat air, ketika volume keran dibuka lebar (di Cikarang Utama), kemudian di sini (Brebes Timur) tidak menampung maka terjadi penumpukan, belum lagi di Tol Cipali ada pecahan dari tol lain. Jadi kuncinya sinergi dan kordinasi," paparnya.

Libur panjang Idul Adha, Sugiharjo mengingatkan para pemudik menjaga kondisi kesehatan fisik dan kelaikan kendaraan. Selain itu dalam berkendara harus memperhatikan batas kecepatan kendaraan dan rambu lalu lintas.

"Kalau terjadi kemacetan, pengendara harus mematuhi apa yang menjadi arahan petugas," katanya.
(edo/jor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed