DetikNews
Kamis 31 Agustus 2017, 17:12 WIB

Saat Polisi Penasaran Edelweis dan Uang Kuno Jadi Jimat Penjambret

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Saat Polisi Penasaran Edelweis dan Uang Kuno Jadi Jimat Penjambret Polisi menunjukkan edelweis dan mata uang kuno yang bikin penasaran. (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Tiga penjambret berinisial A (29), IP (32), dan RZ (19), yang biasa beroperasi di wilayah Jakarta, dibekuk polisi. Saat diperiksa, salah satu pelaku berinisial A (29) diketahui menyimpan bunga edelweis dan mata uang kuno di dompetnya.

Kapolres Jakarta Utara Kombes Dwiyono pun penasaran dan menanyakan apakah barang-barang tersebut menjadi jimat para pelaku.

"Nah ini uang apa? Jimat?" tanya Dwiyono sambil memegang edelweis dan uang kuno.

"Ini koleksi," jawab A singkat.

Baca Juga: Aksi Terakhir Raja Jambret dari Bandung

Bunga edelweis dan mata uang kuno milik penjambretBunga edelweis dan mata uang kuno milik penjambret. (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)


Dari keterangan para tersangka, mereka telah melakukan aksinya lebih dari 20 kali. A (29) memegang kendali sebagai ketua dan I (32) berperan mengalihkan perhatian korban. Sedangkan RZ (19) berperan mengambil barang korban.

Selain menjadi ketua geng, A sehari-hari bekerja sebagai joki klub sepeda motor dan mengaku sering berkumpul di Depok dan Jakarta. Kini polisi mendalami apakah ada campur tangan dari klub motor ketika para pelaku beraksi.

"Setelah pemeriksaan dan interogasi, dia mengaku bahwa dia anggota salah satu klub motor. Ini juga menjadi perhatian kita, kita akan cek terus, telusuri sejauh mana keterlibatan dari klub motor sendiri," kata Dwiyono.



Dalam beraksi, mereka juga tak segan melukai korban jika melawan. Mereka juga selalu membawa celurit untuk menakuti korban.

"Kalau korban mempertahankan diri, mempertahankan barang berharga miliknya, apalagi melakukan perlawanan, tersangka tidak akan segan-segan melukai korban dengan menggunakan senjata tajam yang sudah disiapkan," ujar Dwi.

Ketiganya dibekuk pada Senin (28/8) lalu di dua wilayah, yaitu di Jakarta Selatan dan Sunter, Jakarta Utara. Adapun barang bukti yang ikut diamankan adalah 1 unit ponsel merek Sony, 1 unit sepeda motor Yamaha Mio B-3822-KGL, 1 buah kardus ponsel, dan 2 buah sajam.

Atas perbuatannya, para pelaku dikenai Pasal 365 KUHPidana dengan ancaman hukuman lebih dari 12 tahun penjara.
(ams/imk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed