Polisi: MAH yang Ditangkap di Pekanbaru Pendiri Saracen

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 31 Agu 2017 15:31 WIB
Sindikat Saracen penyebar isu SARA
Sindikat Saracen penyebar isu SARA
Jakarta - Polisi menangkap MAH terkait sindikat penyebar ujaran kebencian atau isu SARA dan hoax. MAH adalah pendiri dan pembuat grup Saracen.

"Pada 30 Agustus telah ditangkap 1 orang atas nama MAH di wilayah Pekanbaru, Riau. Keterlibatan yang bersangkutan ini adalah sebagai founder Saracen. Founder atau pendiri atau yang membuat kelompok Saracen ini dalam media sosial. Yang bersangkutan juga yang mengganti web Saracennews.com menjadi NKRI Harga Mati," ujar Kabag Penum Div Humas Polri Martinus Sitompul di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (31/8/2017).

Polisi melihat MAH memiliki kemampuan mengganti nama grup Saracen. Polisi sengaja membiarkan grup Saracen di internet setelah penangkapan anggota sindikat Saracen lainnya.

"Kami ingin tahu apa saja perkembangannya, apa saja yang dilakukan pasca-penangkapan Jasriadi pada 7 Agustus. Dan dalam perkembangannya, yang bersangkutan ini menggantinya kemudian juga melakukan postingan-postingan berisi ujaran kebencian pada suku agama dan ras tertentu," kata Martinus.

Hasil penyelidikan sementara menunjukkan MAH pernah bertemu dengan Jasriadi di Jakarta dan berdiskusi. Keduanya kemudian membuat proposal untuk menawarkan pekerjaan kepada Saracen. Polisi juga tengah menganalisis rekening sindikat Saracen, bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

"Saat ini sudah ada 14 rekening yang kita minta pada PPATK, yang tentu kami ingin sesegera mungkin mendapatkan data analisis. Supaya lebih cepat kami mengurai dan supaya lebih cepat kami mendapatkan data yang didukung oleh fakta-fakta hukum dari analisis aliran dana tersebut," imbuhnya.

"Setelah mendapatkan analisis ini dari PPATK, kami akan menggali dan mendapatkan data-data tambahan yang kemudian harus kami ambil data-data yang update tersebut untuk kami bandingkan dengan fakta hukum lainnya," tambahnya. (nvl/fjp)