DetikNews
Selasa 29 Agustus 2017, 20:25 WIB

Seskab: Menteri Jokowi-JK Solid, Tahun Politik Diharapkan Stabil

Ray Jordan - detikNews
Seskab: Menteri Jokowi-JK Solid, Tahun Politik Diharapkan Stabil Seskab Pramono Anung (M Iqbal/detikcom)
Jakarta - Sekretaris Kabinet Pramono Anung menegaskan menteri Kabinet Kerja di bawah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam keadaan solid. Meski demikian, soal perombakan kabinet, dia menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi.

Pramono mengatakan saat ini situasi Kabinet Kerja solid. Dengan kesolidan itu, diharapkan tahun 2018, yang dianggap tahun politik, bisa berlangsung tanpa hiruk-pikuk.

"Kami melihat, kalau melihat soliditas kabinet sekarang, kerja sama yang sudah berjalan relatif baik, mudah-mudahan tahun politik ke depan tidak menjadi hiruk-pikuk yang berlebihan. Kita sudah mempunyai pengalaman," kata Pramono Anung di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Pramono mengatakan 2018-2019 akan menjadi tahun pemilu presiden dan legislatif serentak yang pertama pertama kali dilakukan. Untuk itu, dengan kesolidan kabinet pemerintah saat ini, diharapkan 'tensi' bisa stabil.

"Jadi kami harap ini juga mengurangi tensi. Karena sekarang ini, kalau nggak ada hasil yang berbeda dari judicial review UU parpol, pelaksanaan maupun model pemilunya sudah bisa kita prediksi dari sekarang," katanya.

Lantas, apa benar situasi Kabinet Kerja saat ini solid?

"Solid," jawab Pramono.

Meski demikian, terkait persoalan perombakan kabinet (reshuffle), dia menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi.

"Presiden mempunyai kewenangan terhadap hal tersebut," katanya.
(rjo/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed