DetikNews
Selasa 29 Agustus 2017, 17:29 WIB

Penyuap Dirjen Hubla Nonaktif Akui Beri Suap Lewat ATM

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Penyuap Dirjen Hubla Nonaktif Akui Beri Suap Lewat ATM Adiputra Kurniawan (Nurin/detikcom)
Jakarta - Komisaris PT Adhiguna Keruktama (AGK) Adiputra Kurniawan mengakui memberi suap kepada Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) nonaktif Antonius Tonny Budiono. Ia mengaku suap disalurkan dengan modus transfer ATM.

"(Suap) cuma yang ATM. Yang lainnya itu bukan saya," kata Adiputra setelah menjalani pemeriksaan di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (29/8/2017).

Adiputra kemudian mengakui hanya perusahaannya yang melakukan pengerukan di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Ia juga mengaku sebagai satu-satunya pihak yang bertanggung jawab. Pengusaha ini kemudian mengaku dikenalkan kepada Dirjen Hubla melalui orang bernama Yongki.

"Benar Anda dikenalkan oleh Yongki?" tanya seorang wartawan.

"Benar," jawab Tonny.

[Gambas:Video 20detik]

Nama Yongki sendiri sudah 2 kali disebut Tonny. Sebelumnya bahkan ia berkata tidak mengenal Adiputra. Beberapa kali ia mengaku hanya mengenal orang bernama Yongki.

"Saya tidak kenal dengan namanya Adiputra. Namanya Adiputra nggak kenal. Kalau Yongki saya tahu," kata Tonny, pagi tadi.

KPK mengatakan modus suap terhadap Tonny merupakan modus baru. Penyuap, yaitu Adiputra, memberikan uang dalam bentuk kartu ATM.

"KPK membuka modus yang relatif baru. Dalam OTT ini, penyerahan uang dilakukan dalam bentuk kartu ATM," kata pimpinan KPK Basaria Panjaitan dalam jumpa pers di KPK, Jakarta Selatan, Kamis (24/8/2017).

"Rekening dibuka oleh pemberi, dalam hal ini APK (Adiputra Kurniawan), dengan menggunakan nama pihak lain yang diduga fiktif. Sementara ini masih didalami rekan-rekan kita, besok masih akan didalami ke bank yang bersangkutan. Kemudian menyerahkan kartu ATM tersebut kepada ATB. Lalu APK menyetor uang terus-menerus ke rekening tersebut. Dan penerima ATB menggunakannya dalam berbagai transaksi," jelasnya.
(nif/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed