DetikNews
Selasa 29 Agustus 2017, 17:31 WIB

Guru Hikmat yang Betulkan Bendera RI Terbalik Dikenal Nasionalis

Akhmad Mustaqim - detikNews
Guru Hikmat yang Betulkan Bendera RI Terbalik Dikenal Nasionalis Pak Guru Hikmat bersama rekannya dan Kepala SMKN 1 Cibinong. (Akhmad Mustaqim/detikcom)
Jakarta - Aksi heroik guru bernama Hikmat Daviyana, yang membetulkan bendera RI terbalik saat di Thailand, menjadi sorotan di media sosial. Kepala SMKN 1 Cibinong, Firdaus, mengucapkan terima kasih kepada Hikmat.

"Pertama, saya ucapkan terima kasih kepada Pak Hikmat telah membenarkan bendera Indonesia. Kebetulan ada tugas ke Thailand kebetulan melihat konservasi gajah ternyata ada bendera Polandia, padahal seharusnya itu Indonesia," kata Firdaus di SMKN 1 Cibinong, Jalan Karadenan Nomor 7, Cibinong, Jawa Barat, Selasa (29/8/2017).

Aksi Pak Guru Hikmat saat betulkan bendera RI terbalik / Aksi Pak Guru Hikmat saat membetulkan bendera RI yang terbalik. (Screenshot Video)


Firdaus menjelaskan kegiatan kunjungan ke Lampang, Thailand, itu adalah kegiatan rutin tiap tahun dari sekolah. Peristiwa Hikmat membetulkan bendera terbalik ini sebenarnya terjadi pada November 2016.



Di SMKN 1 Cibinong sendiri, tiap hari ada apel mengibarkan dan menurunkan bendera. Siswa bertugas bergantian.

[Gambas:Video 20detik]

"Jadi kalau olahraga pagi, ya mereka bertugas menaikkan bendera, kalau yang pakai kelas olahraganya sore, ya mereka yang menurunkan bendera. Dan semua guru atau siswa yang lewat itu harus berhenti untuk hormat kepada bendera," jelas Firdaus.

Pak Guru Hikmat / Pak Guru Hikmat (Akhmad Mustaqim/detikcom)


Sementara itu, staf Bagian Kesiswaan SMKN 1 Cibinong, Yudi Setiawan, menyebut Hikmat adalah sosok yang nasionalis. Apa alasannya?

"Pak Hikmat itu orangnya memang nasionalis. Dia memang pasti selalu hadir dan hormat setiap apel. Di sini kan setiap hari ada kegiatan apel menaikkan dan turunkan bendera, nah dia pasti ikut," ucap Yudi.
(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed