DetikNews
Selasa 29 Agustus 2017, 16:37 WIB

Pakar ITB: Hujan Guyur 1 Rumah di Tebet Sulit Dijelaskan

Indah Mutiara Kami - detikNews
Pakar ITB: Hujan Guyur 1 Rumah di Tebet Sulit Dijelaskan Lokasi hujan yang cuma mengguyur 1 rumah. (Denita Matondang/detikcom)
Jakarta - Hujan yang hanya mengguyur 1 rumah di Tebet, Jakarta Selatan, masih menyisakan misteri. Pakar meteorologi dari ITB, Tri Wahyu Hadi, menyebut fenomena itu sulit dijelaskan dan cenderung tidak mungkin terjadi.

"Biasanya kalau hujan lokal sekali, kalau durasinya pendek itu mungkin saja. Kalau 6 jam, itu agak sulit dijelaskan dari sisi meteorologi," kata Tri Wahyu saat berbincang dengan detikcom, Selasa (29/8/2017).





Hujan 'eksklusif' itu hanya mengguyur 1 rumah milik Muzakir pada Sabtu (26/8) lalu, menjelang magrib hingga hampir tengah malam atau selama hampir 6 jam. Menurut Tri, itu tidak mungkin terjadi.

"Itu hampir tidak mungkin dari sisi meteorologi," ucap dosen meteorologi dari Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) ITB ini.

Tri menjelaskan sebenarnya ada fenomena virga, hujan dalam durasi singkat yang sudah lebih dahulu menguap sebelum menyentuh tanah. "Itu karena tetes hujannya tidak banyak dan misalkan ada aliran udara yang naik," jelasnya.



Namun Tri meyakini hujan eksklusif di Tebet bukanlah virga karena durasinya yang mencapai 6 jam. Seharusnya ada pengukuran yang lebih akurat untuk mendapatkan data curah hujan di lokasi tersebut.

"Kalau 6 jam terus-terusan, bisa banjir. Kalau warga tidak lihat ada aliran air ke selokan ke sekelilingnya, ya agak aneh," ungkap Tri.
(imk/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed