DetikNews
Selasa 29 Agustus 2017, 15:59 WIB

Cerita Pak Guru Hikmat Kaget Lihat Bendera RI Terbalik di Thailand

Akhmad Mustaqim - detikNews
Cerita Pak Guru Hikmat Kaget Lihat Bendera RI Terbalik di Thailand Pak Guru Hikmat saat membetulkan bendera RI terbalik di Thailand (Foto: Screenshot Video)
Jakarta - Di tengah kunjungan ke konservasi gajah di Thailand, Hikmat Daviyana dibikin kaget ketika melihat deretan bendera negara ASEAN. Mengapa bendera merah putih Indonesia terbalik?

Pertanyaan itu muncul di benak Hikmat, guru SMKN 1 Cibinong ketika sedang mengikuti pertukarang pelajar dengan Lampang Technical College pada November 2016 lalu. Hingga akhirnya, Hikmat berinisiatif untuk membetulkannya sendiri.



"Kaget loh kok kebalik ya, kayaknya bukan Polandia soalnya bendera itu ada di kumpulan bendera ASEAN. Harus dibenerin, mau gimana pun juga caranya," kata Hikmat saat ditemui di SMKN 1 Cibinong, Jalan Karadenan Nomor 7, Cibinong, Jawa Barat, Selasa (29/8/2017).

Hikmat, guru yang betulkan bendera RI terbalik di Thailand / Hikmat, guru yang betulkan bendera RI terbalik di Thailand / Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom


Dia sempat bertanya kepada petugas dari konservasi gajah itu tentang alasan bendera dipasang terbalik. Namun, petugas itu mengaku tidak tahu.



Hikmat dan rombongan yang didampingi penerjemah kemudian meminta agar posisi bendera diperbaiki. Namun karena pihak yang akan membetulkan tak kunjung datang, dia memutuskan untuk memanjat sendiri.

"Mungkin karena teknisi lama ya sudah kita minta izin, bisa nggak benerin sendiri? Kebetulan dibolehkan jadi kita saja langsung benerin," ucap Kepala Program Rekayasa Perangkat Lunak di SMKN 1 Cibinong ini.

Hikmat saat membetulkan bendera yang terbalik / Hikmat saat membetulkan bendera yang terbalik / Foto: Screenshot Video


Meski peristiwa itu terjadi pada November 2016 lalu, video aksi Hikmat ini viral setelah insiden gambar bendera terbalik di buku suvenir SEA Games 2017 di Malaysia. Video itu juga diunggah sebenarnya tak terkait dengan kejadian di Malaysia.

"Tujuan uploadnya itu buat share aja itu, nggak ada kaitannya sama yang sekarang sedang ramai," kata Hikmat.


(imk/tor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed