DetikNews
Selasa 29 Agustus 2017, 15:26 WIB

Ini Pak Hikmat, Guru yang Betulkan Bendera RI Terbalik di Thailand

Akhmad Mustaqim - detikNews
Ini Pak Hikmat, Guru yang Betulkan Bendera RI Terbalik di Thailand Hikmat, guru yang membetulkan bendera RI terbalik di Thailand. (Akhmad Mustaqim/detikcom)
Cibinong - Aksi seorang guru yang membetulkan bendera RI terbalik di Thailand menjadi viral di media sosial. Mari berkenalan dengan guru tersebut, namanya Pak Hikmat.

detikcom menemui pemilik nama lengkap Hikmat Daviyana ini di SMKN 1 Cibinong, Jalan Karadenan Nomor 7, Cibinong, Jawa Barat, Selasa (29/8/2017). Hikmat mengatakan peristiwa itu sebenarnya terjadi pada November 2016.





Hikmat dan rombongan sedang mengunjungi konservasi gajah di Lampang, Thailand. Mereka melihat bendera putih-merah di deretan bendera ASEAN. Setelah memastikan bahwa itu bukan bendera Polandia, Hikmat kemudian berinisiatif membetulkannya.

"Kita lagi diperlihatkan konservasi gajah, ketika di jalan itu, awalnya kok saya pikir itu Polandia, kita tanya dulu ke petugas yang dari konservasi, kok terpasang terbalik ya. Mereka nggak tahu. Karena kecintaan kita pada bendera, akhirnya kita perbaiki sendiri," kata Hikmat.

Aksi Pak Hikmat saat membetulkan bendera terbalik / Aksi Pak Hikmat saat membetulkan bendera terbalik (Screenshot Video)


Karena peristiwa ini terjadi pada November 2016, Hikmat menegaskan sebenarnya hal itu tidak ada kaitannya dengan gambar bendera terbalik di buku suvenir SEA Games 2017 di Malaysia. Dia juga heran mengapa video itu kembali menjadi viral beberapa waktu ini.

"Saya nggak tahu tadinya. Tahunya di WhatsApp dibagikan oleh rekan saya. Itu kejadian kan udah lama temen saya nyangkanya saya ke Thailand lagi," ujarnya sambil tertawa.



Hikmat, yang merupakan Kepala Program Rekayasa Perangkat Lunak di SMKN 1 Cibinong, menyebut sikapnya itu sebagai hal yang wajar. Dia meyakini warga Indonesia lain akan melakukan hal yang sama bila melihat bendera negaranya tidak sesuai.

"Siapa pun orang yang di posisi saya, saya yakin pasti melakukan hal yang sama," ucap Hikmat.
(imk/nkn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed