Paripurna Sepi, Fadli Zon: Cuma Perayaan HUT Saja

Hary Lukita - detikNews
Selasa, 29 Agu 2017 14:09 WIB
Wakil Ketua DPR Fadli Zon (Rengga Sancaya)
Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon memberikan penjelasan soal sepinya anggota Dewan dalam Sidang Paripurna HUT DPR ke-72. Fadli mengatakan sepinya paripurna karena banyak anggota yang sedang bertugas.

"Ya, pertama ini memang cuma perayaan HUT, tidak ada keputusan apa pun dan memang banyak anggota sedang bertugas," ujar Fadli Zon di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (29/8/2017).



Fadli mengatakan banyak anggota Dewan yang sedang pergi ke luar daerah, bahkan ke luar negeri. Jika paripurna hari ini terkait pengambilan keputusan penting, Fadli menyebut pastinya tingkat kehadiran anggota lebih tinggi.

"Kalau memang kita mau mengkondisikan hal-hal yang dianggap strategis sebagai parpol, itu kan tingkat partisipasinya tinggi, seperti RUU Pemilu lalu, tinggi tingkat kehadirannya," ucapnya.

"Jadi ini kan perayaan ya, kita maklumi. Mereka juga merayakan mungkin," lanjut Fadli.

Berdasarkan daftar hadir anggota Dewan dalam sidang paripurna, ada 248 anggota yang ikut dalam sidang. Namun, dari 248 yang ada di presensi, 136 mengajukan izin. Dengan demikian, anggota Dewan yang benar-benar ada di ruang paripurna hanya 112 orang. (lkw/gbr)