detikNews
Selasa 29 Agustus 2017, 11:01 WIB

Novanto 'Pamer' Kinerja DPR di Paripurna HUT Ke-72

Andhika Prasetia - detikNews
Novanto Pamer Kinerja DPR di Paripurna HUT Ke-72 Ketua DPR Setya Novanto dalam Sidang Paripurna HUT DPR. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Ketua DPR Setya Novanto menyampaikan pidato dalam Sidang Paripurna HUT ke-72 DPR. Dalam pidatonya, Novanto menyampaikan sejumlah target yang dihasilkan DPR dalam tahun sidang 2016-2017.

Dalam pidatonya, Novanto memaparkan pelaksanaan DPR dalam fungsi legislasi. Selama tahun sidang 2016-2017, ia menunjukkan ada 17 RUU yang disahkan menjadi UU.

"DPR telah menyelesaikan pembahasan sebanyak 17 RUU menjadi UU. Jumlah ini meningkat di tahun sidang sebelumnya yang menyelesaikan 16 RUU. Meskipun meningkat, kita dituntut untuk terus bekerja keras agar target Program Legislasi Nasional tercapai," ujar Novanto di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Saat ini, DPR masih memiliki 49 RUU dari 50 RUU yang masuk Prolegnas Prioritas 2017. Novanto memaparkan alasan masih ada RUU yang belum rampung.

"Beberapa RUU yang belum selesai dalam tahap pembahasan di DPR antara lain disebabkan terjadinya perbedaan pendapat terhadap substansi RUU yang sangat mendasar, baik antar-fraksi maupun antara DPR dan pemerintah, bahkan antar-wakil pemerintah beberapa kementerian atau lembaga non-kementerian," katanya.

Novanto juga menyinggung beberapa pansus dan panja yang terbentuk selama tahun sidang 2016-2017. Salah satunya pembentukan Pansus Hak Angket KPK.


"Selama tahun sidang 2016-2017, DPR telah membentuk 2 pansus non-RUU, yaitu Pansus Angket terhadap Pelindo II dan Pansus Angket tentang pelaksanaan tugas dan kewenangan KPK," tutur Novanto.

Ketum Partai Golkar itu juga memaparkan panja dan timwas yang telah terbentuk sejauh ini. Termasuk, kata Novanto, soal aduan masyarakat yang masuk ke DPR sejumlah 4.173 surat.

Bahasan lain yang disampaikan adalah RUU APBN, diplomasi parlemen, hingga komitmen penguatan kelembagaan DPR.

Paripurna HUT ke-72 DPR dihadiri sejumlah tokoh, seperti Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua MPR Mahyudin, Ketua KY Aidul Fitriciada Azhar, hingga eks Ketua DPR Agung Laksono.
(dkp/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com