Diancam Akbar Faizal, Elza Syarief Lapor KPK

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Selasa, 29 Agu 2017 10:43 WIB
Foto: Elza Syarief (Nur-detikcom)
Foto: Elza Syarief (Nur-detikcom)
Jakarta - Anggota DPR Akbar Faizal melaporkan Elza Syarief ke Bareskrim soal keterangan di BAP terkait kasus Miryam S Haryani. Elza pun mengadu pada KPK.

Elza mendatangi KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (29/8/2017) sekitar pukul 09.42 WIB. Dia didampingi seorang asisten.

"Berkunjung saja ke KPK. Mau datang saja, memang kita ada diskusi," ujar Elza Syarief menyatakan tujuan kedatangannya.

"(Diskusi) Masalah ancaman-ancaman dari AF (Akbar Faizal)," imbuhnya.



Elza kemudian bicara soal pemberian perlindungan saksi yang wajib diberikan oleh KPK. Sebab pengacara ini memberi kesaksian benar di persidangan.

"Jangan menjadi patokan terdakwa ini mencabut keterangan yang tidak benar, seolah-olah saya yang tidak benar, memberi keterangan palsu. Ya kan? Saksi semua dinyatakan tidak benar. Kemarin pak Irman dan Sugiharto juga bilang tidak benar. Tapi kalau kita baca BAP-nya terdakwa itu runtun kok semuanya, klop semua, bersesuaian ada dengan saksi-saksi yang lain," papar Elza.

Elza menyerahkan perlindungan saksi sepenuhnya kepada KPK. Menurutnya diskusi ini sudah ada sejak awal ia memberi kesaksian.

"Saya (dengan) KPK saja. Nanti gimana koordinasinya, kan kita harus satu pintu ya. Bagaimana koordinasi KPK dengan LPSK kan sudah ada kesepakatan. Jadi saya nurut saja," tutur Elza.

Elza kemudian menanggapi soal pelaporan Akbar Faizal terhadap dirinya. Menurutnya Akbar terlalu panik.

"Saya cuma kasihan saja sama dia, terlalu panik," katanya sambil tersenyum. (nif/rvk)