DPR Ulang Tahun, Agung Laksono: Semoga Bebas Korupsi

Hary Lukita Wardani - detikNews
Selasa, 29 Agu 2017 09:59 WIB
Foto: Lukita/detikcom
Jakarta - Hari ini DPR berulang tahun yang ke-72. Mantan Ketua DPR Agung Laksono menyampaikan harapan tidak ada lagi anggota Dewan yang tersandung kasus korupsi.

"DPR juga sejalan dengan semangat nasional bangsa untuk turut memberantas korupsi. Saya kira saya berharap semakin berkurang semoga tidak ada lagilah berita-berita terkait anggota DPR yang tersangkut kasus-kasus seperti itu," ujarnya di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Selain itu, Agung menuturkan, masalah daftar kehadiran DPR sudah menjadi masalah sejak dulu. Ia mengatakan hingga hari ini belum melihat ada cara formula yang pas untuk mengubah hal tersebut.

"Absen itu memang kronis ya, sudah lama seperti itu dan belum menemukan cara yang tepat untuk bisa menghadirkan seluruh anggota Dewan tepat waktu dan ada semua. Baik dalam level sidang komisi maupun sidang paripurna," kata Agung.

Agung menekankan fungsi DPR bukan hanya pengawasan keuangan dan legislasi. Satu hal yang penting, yaitu menampung aspirasi masyarakat.

"Kan juga fungsi kedewanan ini sudah tidak hanya pengawasan keuangan dan legislasi, tapi juga aspirasi," tuturnya. (lkw/tor)