DetikNews
Senin 28 Agustus 2017, 17:51 WIB

Libur Idul Adha, Polisi Tambah Pengamanan di Tempat Wisata

Yulida Medistiara - detikNews
Libur Idul Adha, Polisi Tambah Pengamanan di Tempat Wisata Irjen M Iriawan (Yulida/detikcom)
Palimanan - Menjelang libur Idul Adha, petugas Polda Jabar memberikan tambahan pengamanan, baik di jalur tol maupun tempat wisata. Hal itu untuk mencegah kemacetan dan hal lain yang perlu diantisipasi.

"Pusat-pusat keramaian wisata di mana di Jabar cukup banyak. Di wilayah tengah selatan, ada Ciwidey, Tangkuban Perahu, kemudian Pangandaran, dan Garut. Itu sudah dibagi termasuk Puncak. Kami arahkan apabila nanti arus mudik sudah puncaknya, maka bagian anggota juga harus diantisipasi," kata Asisten Operasi Kapolri Irjen Mochammad Iriawan di pintu Tol Palimanan, Jawa Barat, Senin (28/8/2017).

Dirlantas Polda Jabar Kombes Tomex Kurniawan menyebut telah menyiapkan 12.991 personel untuk mengamankan libur Idul Adha di Jawa Barat. Nantinya sejumlah personel disiagakan di pos pelayanan jalur tol arah Jakarta dan sebaliknya serta tempat wisata.

"Seiring perjalanan waktu antara salat Idul Adha tanggal 1, masyarakat berada di antara menuju kampung halaman atau tempat wisata Pangandaran dan Garut," ujar Tomex.

Iriawan menambahkan perlu juga diantisipasi pada saat arus balik, terutama di rest area KM 102. Di rest area tersebut juga harus ada pengamanan agar tidak terjadi penumpukan volume kendaraan.

"Termasuk arus balik nanti. Ada permasalahan di KM 102 yang rest area sering terjadi penumpukan, kami sampaikan tadi untuk maksimalkan pagar betis oleh anggota. Karena pengamanan kegiatan cukup pendek hanya 4-5 hari, tentunya anggota saya ingatkan kembali untuk maksimal mengantisipasi jalur kembali tidak terjadi penumpukan pada rest area," tutur Iriawan.

Ia juga meminta masyarakat saling membagi waktu menggunakan rest area supaya tidak terjadi antrean yang panjang menuju ke dalam.

Selain itu, untuk mengantisipasi kekurangan BBM, kepolisian juga meminta Pertamina menyiapkan tangki di rest area. Beberapa rest area mulai dari Cikampek hingga di KM 102 wilayah Sukajati.

"Pertamina sudah menyanggupi akan menyiapkan tangki-tangki yang ada di rest area. Ini pengalaman kita saat Ramadniya kemarin dan akan dievaluasi ini. Nanti akan ditempatkan tangki Pertamina untuk mengantisipasi kekurangan BBM," ujar Iriawan.
(yld/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed