DetikNews
Minggu 27 Agustus 2017, 14:33 WIB

Kirab Kebhinekaan di Bogor, Maruarar: Kita Pancasilakan Indonesia

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Kirab Kebhinekaan di Bogor, Maruarar: Kita Pancasilakan Indonesia Foto: dok. Taruna Merah Putih
Bogor - Taruna Merah Putih menggelar kirab kemerdekaan merayakan HUT 72 RI di Bogor. Kirab bertemakan kebhinekaan ini digelar untuk mem-Pancasila-kan Indonesia.

"Jadi kita buat kirab kebangsaan ini untuk mem-Pancasila-kan Indonesia. Ini dasar negara, kebhinekaan, dan kita sudah menyatakan bersatu berbagai suku, agama, ras, kebudayaan semuanya satu Indonesia," kata Ketum Taruna Merah Putih Maruarar Sirait dalam siaran pers, Minggu (27/8/2017).

Kirab ini diikuti ribuan pemuda dan masyarakat. Kirab bertema 'Mempancasilakan Indonesia, Lintas Suku, Agama dan Budaya' ini dilepas oleh Maruarar Sirait, di kawasan Parungpanjang Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/7/2017) pagi.

Banyak adat budaya daerah ditampilkan di kirab kemerdekaan ini. Mulai dari tari melayu, atraksi barongsai, dan berbagai macam pertunjukan seni daerah lainnya.

"Di sini ada semua dari tari melayu, tari Aceh, barongsai, ada dari berbagai adat budaya. Jadi jangan ada yang memecah, ini kita harus gelorakan Pancasila. Ada remaja, mahasiswa, ada lebih dari 30 ribu orang padat sekali, saya ngelepasnya aja lebih dari dua jam," kata Maruarar yang akan memberikan orasi kebangsaan di acara tersebut.

"Jadi kita dukung Presiden Jokowi. Jokowi mengakui ada kesenjangan tapi penyelesaiannya bukan dengan radikalisme tapi dengan pemerataan. Banyak program Jokowi yang menjawab kesenjangan dengan pemerataan, ada Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Anggaran Desa, dan lainnya," pungkasnya.
(van/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed